Penyebab Diabetes Melitus dan Faktor Risikonya

Kompas.com - 18/11/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/Proxima StudioIlustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme yang membuat kadar gula darah tinggi.

Gula darah atau glukosa adalah sumber energi yang penting untuk membentu otot dan jaringan, serta sumber bahan bakar utama otak.

Apabila kadar gula darah melonjak, penderita bisa merasakan beberapa gejala diabetes melitus.

Di antaranya kerap kehausan walaupun sudah cukup minum, sering kencing, mudah lapar, berat badan turun tanpa sebab jelas, lelah, pandangan kabur, sampai luka susah sembuh.

Baca juga: 8 Komplikasi Diabetes Melitus yang Perlu Diwaspadai

Penyebab diabetes melitus bisa beragam, tergantung tipe penyakit dan kondisi kesehatan penderitanya. Berikut beberapa di antaranya:

Penyebab diabetes melitus tipe 1

Melansir Mayo Clinic, penyebab diabetes melitus tipe 1 yang pasti hingga kini belum diketahui.

Namun, sejumlah penderita diabetes tipe 1 mengalami gangguan sistem daya tahan tubuh (imun).

Sistem imun yang semestinya bekerja melawan bakteri atau virus, justu menyerang sel penghasil insulin penderita diabetes melitus tipe 1.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan kelenjar di pankreas. Hormon ini memungkinkan gula masuk ke sel tubuh sekaligus menurunkan gula di aliran darah.

Gangguan sistem imun pada penderita diabetes melitus tipe 1 ini membuat produksi insulin minim atau tidak ada sama sekali.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X