Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Program bayi tabung (in vitro fertilization/IVF) menjadi harapan bagi pasangan yang mengalami masalah kesuburan untuk memiliki keturunan. Dengan kemajuan teknologi, angka keberhasilan kehamilan dan juga memiliki bayi yang sehat semakin besar.

Teknologi terkini, yaitu PGT-A (pre-implantation genetic testing for aneuploidy) dapat mendeteksi masalah kromosom pada embrio untuk mencegah keguguran setelah embrio diimplan.

“Teknologi ini memungkinkan proses seleksi embrio sehingga embrio yang dimasukkan ke dalam rahim merupakan embrio dengan kromosom normal dan diharapkan mempunyai tingkat keberhasilan hamil lebih tinggi,” kata Direktur Ccientific PT.Morula Indonesia, Prof.Arief Boediono Ph.D, dalam keterangan pers.

Selain itu, teknologi PGT-A juga bermanfaat untuk pasangan yang sudah melakukan program bayi tabung berulang kali dan belum berhasil hamil, pasangan yang memiliki riwayat kelainan bawaan pada kehamilan sebelumnya, serta ibu yang sudah berusia lanjut.

Baca juga: 5 Penyakit Akibat Kelainan Genetik, Sindrom Williams hingga Progeria

Prof.Arief menambahkan, berdasarkan studi yang dilakukan pada Januari 2019 hingga September 2022 pada hampir 500 pasien, teknologi PGT-A membantu potensi kehamilan hingga 68 persen pada kelompok umur 38-39 tahun, dan 46 persen pada kelompok usia di atas 40 tahun.

Data lain dalam penelitian itu menunjukkan, pasien dalam rentang usia 36-44 tahun memiliki angka kromosom normal yang jumlahnya lebih rendah dibanding kromosom tidak normal.

“Ini menunjukkan bahwa teknologi PGT-A direkomendasikan bagi pasien dalam kelompok usia tersebut agar tujuan healthy embrio-healthy baby, dapat terpenuhi,” katanya.

Selain PGT-A terdapat pemeriksaan kromosom lanjutan, yaitu PGT-M (pre-implantation genetic testing for monogenic/single-gene defect).

Beberapa kelainan yang dapat dicegah dengan teknologi ini antara lain thalasemia (penyakit kelainan darah bawaan), kelainan spinal muscular atropy (penyakit kelemahan otot), cystic fibrosis (penyakit keturunan yang menyebabkan lendir dalam tubuh menjadi kental), dan penyakit genetik lain yang bersifat menurun.

Prof.Arief mengatakan, layanan PGT-A sudah tersedia di Morula IVF Jakarta dan beberapa cabang Morula lain di Indonesia. Sedangkan layanan PGT-M baru tersedia di Morula IVF Jakarta.

Baca juga: INFOGRAFIK: Lahirnya Bayi Tabung Pertama, Louise Jay Brown pada 1978

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+