Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi dengan Perubahan Gaya Hidup

Kompas.com - 23/01/2023, 16:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Trigliserida tinggi yang dibiarkan dapat memicu risiko penyakit kardiovaskular. Namun, penderita bisa menurunkan trigliserida tinggi dengan perubahan gaya hidup tertentu.

Perlu diketahui, penyebab trigliserida tinggi dalam darah umumnya berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama makanan berlemak dan tinggi kalori.

Menurut US National Library of Medicine, peningkatan trigliserida juga disebabkan karena beberapa faktor lain, termasuk kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan kondisi diabetes yang tidak terkontrol.

Baca juga: Kenali Apa itu Trigliserida dan Kadar Normalnya agar Tubuh Tetap Sehat

Kadar trigliserida di atas 150 mg/dL dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik, yang mencakup penumpukan lemak perut, tekanan darah tinggi, dan peningkatan gula darah.

Dikutip dari Mayo Clinic, peningkatan trigliserida juga menyebabkan pengerasan dinding arteri serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Langkah awal untuk menurunkan trigliserida tinggi atau mengontrol trigliserida adalah dengan mengubah gaya hidup. Berikut penjelasannya.

Cara menurunkan trigliserida tinggi dengan perubahan gaya hidup

Gaya hidup sehat termasuk pola makan bergizi serta olahraga rutin adalah cara terbaik untuk mengontrol dan menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam darah.

Disarikan dari The American Heart Association (AHA) dan Everyday Health, berikut perubahan gaya hidup untuk menurunkan trigliserida tinggi yang bisa Anda terapkan:

  • Batasi pemakaian gula

Gula terutama gula meja dan segala jenis pemanis bisa meningkatkan kada trigliserida dalam darah serta menambah kandungan kalori dalam makanan Anda.

Bahkan orang yang tidak memiliki kecenderungan trigliserida tinggi berisiko mengalami lonjakan trigliserida akibat terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman manis.

Anda dapat menurunkan trigliserida dengan membatasi permen, minuman manis (termasuk alkohol), biskuit, roti, dan kue kering.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Kadar Trigliserida Tinggi?

  • Tambahkan serat dalam menu harian Anda

Serat adalah bagian dari makanan Anda yang tidak dicerna, dan penting karena membantu Anda merasa kenyang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2019 dalam jurnal Current Developments in Nutrition, serat makanan dapat mengurangi risiko trigliserida tinggi pada orang dewasa hingga paruh baya.

Dilansir dari Everyday Health, makanan kaya serat juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kompleks.

Hal ini menunjang penyerapan tubuh yang lebih bertahap serta membantu meredam peningkatan trigliserida setelah makan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com