Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Ini Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Menyambut Tamu pada Lebaran

Kompas.com - 22/04/2023, 08:30 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Hotria Mariana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran pada Ramadhan 1444 Hijriah telah tiba. Para umat Islam di Indonesia pun saling mengunjungi kerabat dan teman dekat untuk merayakan momen spesial ini.

Bila hendak menjamu tamu ke rumah, Anda perlu melakukan berbagai persiapan. Hal ini penting dilakukan supaya tamu yang berkunjung ke rumah merasa nyaman dan senang.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah beres-beres rumah. Anda bisa memastikan ruangan di rumah Anda bersih dan rapi sebelum tamu datang ke rumah.

Pastikan pula area dapur dan ruang makan tetap bersih. Pasalnya, dapur merupakan salah satu area paling kotor di rumah. Dengan menjaga kebersihan dapur, tamu yang berkunjung akan memberikan penilaian yang baik tentang rumah Anda.

Baca juga: Kolaborasi Le Minerale x Cosmonauts Luncurkan T-shirt Ramah Lingkungan

Selanjutnya, pastikan meja makan dan kursi yang tersedia cukup untuk menampung tamu. Anda bisa menggunakan meja yang cukup besar untuk menampung makanan dan perlengkapan makan, seperti piring, gelas, sendok, dan garpu. Sediakan juga tisu dan tempat sampah agar tamu dapat membuang sampah dengan mudah.

Sebagai momen spesial untuk berkumpul, Anda dapat menyediakan makanan khas yang biasa disajikan saat Lebaran, seperti ketupat, lontong, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, serta sayur cabai.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu penyajian makanan. Sesuaikan waktu penyajian dengan jadwal kedatangan tamu agar Anda bisa mempersiapkan bahan makanan satu atau dua hari sebelum Lebaran. Dengan begitu, Anda tidak kelelahan saat hari raya tiba.

Jangan lewatkan pula berbagai kudapan khas Lebaran, seperti putri salju, nastar, serta kastengel. Kehadiran kue ini dapat menjadi sajian yang tepat untuk menemani aktivitas mengobrol dengan tamu, baik sebelum maupun sesudah makan.

Tak kalah penting, Anda juga harus memastikan ketersediaan air mineral untuk para tamu. Salah satu produk air mineral yang banyak digunakan di Indonesia adalah Le Minerale. Pasalnya, air mineral Le Minerale bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan cairan di tengah padatnya aktivitas saat merayakan hari raya, tapi juga memenuhi mineral tubuh.

Baca juga: Meriahkan Euforia Pesta Bola 2022, Le Minerale Luncurkan Kemasan Khusus Sepak Bola

Untuk diketahui, Le Minerale mengandung mineral esensial yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan menjaga fungsi organ tubuh dengan optimal. Adapun kandungan mineral pada air mineral ini, di antaranya natrium, klorida, dan kalium. Kekurangan mineral dapat menyebabkan kelelahan, dehidrasi, serta kelumpuhan otot.

Selain itu, kandungan kalsium, magnesium, serta seng pada Le Minerale juga dapat membantu meningkatkan daya tahan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta menghilangkan kelelahan. Hal ini dapat membantu para tamu untuk memulihkan tenaga setelah melakukan segudang aktivitas saat Lebaran.

Selain itu, Le Minerale juga diproses serta dikemas dengan baik sehingga kualitas mineralnya terjaga, makanya rasanya lebih segar dan enteng di badan.

Yuk, lengkapi asupan mineral esensial selama berpuasa dengan minum Le Minerale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com