Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2024, 10:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Sebagai orangtua kita pasti sangat mencintai si kecil. Tapi, apakah mereka juga mencintai kita juga? Tentu saja!

Bayi pasti mencintai orangtua atau yang mengasuhnya, meski ia belum bisa mengucapkan "I love you". Sebelum bisa berbicara pun bayi punya bahasa cinta sendiri.

Buktinya ada pada tonggak perkembangan dan isyarat perilaku si kecil. Perhatikan baik-baik, dan Anda akan melihat banyak tanda bahwa si buah hati memercayai dan mencintai.

Cara si kecil menunjukkan rasa cintanya sangat menggemaskan dan terkadang tak terduga.

Baca juga: Mata Merah pada Bayi Baru Lahir Tanda Penyakit Apa?

1. Menatap mata
Saat bayi menatap mata kita, ia menunjukkan perhatian penuh. Bayi baru lahir sangat suka menatap wajah dan wajah orangtua atau yang mengasuhnya adalah favoritnya.

Di usia dua bulan sebagian besar bayi bisa melakukan tatapan penuh perasaan yang merupakan naluri bertahan hidup yang dirancang untuk menarik cinta dan perhatian dari pengasuhnya. Memang itu naluri, tapi itu juga menunjukkan bahwa ia mencintai Anda.

2. Hapal dengan bau tubuh orangtuanya
Bau tubuh ibunya membuat bayi merasa aman dan mendorong kemampuannya bersosialisasi. Bagi bayi baru lahir, tak ada bau tubuh yang lebih dicarinya ketimbang bau ibunya. Jika si kecil senang meringkuk dalam pelukan Anda, itu tanda cintanya.

3. Tersenyum
Saat bayi tersenyum untuk pertama kali, itu adalah momen yang ajaib. Itu adalah caranya mengucapkan "aku mencintaimu". Mayoritas bayi akan balas tersenyum jika kita tersenyum padanya. Di usia empat bulan, ia tersenyum untuk mendapat perhatian kita.

4. Mengajak bicara
Ocehan pertama bayi akan ditujukan kepada ibunya atau pengasuh yang ia percaya. Ini adalah caranya mengungkapkan rasa cintanya.

Di usia empat bulan bayi mulai membuat suara untuk merespon suara orangtuanya dan menggerakkan lehernya untuk mencari orangtuanya ketika kita berbicara. Ini merupakan salah satu tanda bayi sangat memperhatikan dan ingin mendengar semua ucapan orangtuanya.

Baca juga: 4 Fakta Seputar Pijat Bayi, Orangtua Perlu Tahu

5. Tak ingin berpisah
Saat bayi semakin sadar dengan dunia di sekitarnya, mereka makin kenal beberapa orang yang tampak asing dan juga orang-orang favoritnya.

Di usia enam bulan bayi mulai mengenal orang yang mereka cintai; kakak adik, pengasuh, kakek-nenek, dan tentu saja ayah ibunya. Tak lama, si kecil juga menunjukkan rasa sukanya pada orang yang ia cintai, termasuk mulai merasa cemas dan rewel saat ibunya tak ada di sekitarnya.

 

6. Berbagi minat
Entah itu saat kita sibuk menyiapkan makanan atau mengurus cucian kotor, jika diperhatikan dengan cermat, bayi akan melakukan hal yang sama. Disebut perhatian bersama, perilaku ini bisa dimulai saat bayi berusia beberapa bulan, namun lebih jelas pada usia 9 hingga 12 bulan.

7. Mencari perlindungan
Jangan kaget jika bayi membenamkan kepalanya ke dada ibunya saat bertemu orang baru atau merasa cemas. Mencari perlindungan pada orangtuanya adalah bentuk kepercayaan dan cintanya.

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Menyebabkan Bayi Lahir Prematur

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com