Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengolah Kunyit untuk Obat? Ini Penjelasannya…

Kompas.com - 17/10/2024, 21:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kunyit sudah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengolah kunyit untuk obat?

Cara memanfaatkan kunyit cukup sederhana, Anda dapat memarut atau menumbuk rempah-rempah ini lalu dicampur ke dalam minuman, dibuat rebusan atau teh, atau dibikin pasta untuk penggunaan topikal.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat mengenai kandungan kunyit dan pengolahannya.

Baca juga: Apakah Minum Kunyit Setiap Hari Itu Baik? Berikut Penjelasannya...

Bagaimana cara mengolah kunyit untuk obat?

Dilansir dari buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects, kunyit kaya akan kurkumin, senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kekebalan, melawan peradangan, dan menangkal radikal bebas.

Kurkumin juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, serta menurunkan risiko depresi dan penyakit alzheimer.

Konsumsi olahan kunyit bersama bahan herbal lain juga membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi, termasuk serangan asam urat (gout) dan osteoartritis.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kurkumin dapat mencegah kolesterol, tekanan darah tinggi, sehingga dapat memelihara kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat dari senyawa dan nutrisi pada kunyit, Anda dapat menambahkan rimpang kunyit atau kunyit bubuk ke dalam makanan.

Selain itu, ada beberapa cara mengonsumsi kunyit yang bisa dijajal, yaitu:

  • Dibikin minuman

Rebusan kunyit termasuk minuman herbal yang populer. Anda bisa membuat minuman ini dengan memasukkan rimpang atau kunyit bubuk ke dalam air mendidik dan rebus selama beberapa 20-30 menit.

Air rebusan kunyit dapat dikonsumsi selagi hangat maupun didinginkan terlebih dahulu. Anda juga dapat mencampur penambah rasa alami, seperti kayu manis, asam jawa, madu, atau lemon ke dalam secangkir air kunyit.

Membuat teh dengan cara menyeduh kunyit bubuk juga bisa menjadi opsi bagi yang ingin meminum air kunyit.

Selain itu, Kamu juga bisa mencampur 1-2 sendok teh kunyit dengan secangkir susu hangat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Air Kunyit Perut Kosong? Ini Penjelasannya....

  • Pasta kunyit

Pasta kunyit dapat digunakan secara topikal sebagai olesan untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada berbagai bagian tubuh.

Cara membuat pasta kunyit yaitu dengan mencampur satu sendok teh kunyit dan berbagai bahan alami lain sesuai kebutuhan, misalnya kayu manis bubuk, jahe segar, lada hitam, minyak kelapa, atau air.

  • Suplemen kunyit

Arthritis Foundation merekomendasikan satu kapsul ekstrak kurkumin 500 mg yang diminum dua kali sehari untuk membantu mengendalikan gejala osteoartritis dan artritis reumatoid.

Meski demikian, dosis tersebut berbeda-beda tergantung kondisi tiap individu. Jadi sebaiknya, konsultasikan dahulu ke dokter jika ingin konsumsi suplemen kunyit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau