Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Sakit Diabetes Bikin Tubuh Gampang Lelah

Kompas.com - 17/10/2024, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu menderita diabetes dan merasa lelah sepanjang waktu, mungkin diabetes tipe 2 adalah penyebab utamanya.

Kadar gula darah tinggi yang dialami pengidap diabetes akan menganggu kemampuan tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan yang diasup.

"Glukosa adalah sumber energi utama untuk seluruh sel dalam tubuh, terutama otak. Pada kondisi diabetes tipe 2, kadar glokusa tinggi tapi tidak bisa masuk ke dalam sel. Ini berarti sel kekurangan energi untuk berfungsi. Akibatnya tubuh kelelahan," kata dokter endokrinologi Deena Adimoolam.

Selain itu ada juga penyebab lain. Banyak pengidap diabetes yang punya gangguan medis lain, ditambah dengan konsumsi obat-obatan (baik untuk menjaga kadar gula darah atau kondisi lain) yang seringkali menyebabkan efek samping gampang lelah.

Selain gula darah tinggi yang menyebabkan tubuh gampang capek, kadar gula darah rendah (hipoglikemi) sebagai efek samping dari obat diabetes, juga akan memicu rasa lelah dan mengantuk.

Baca juga: Bangun Tidur Justru Merasa Lelah? Ini Kemungkinan Penyebabnya...

"Kelelahan pada diabetes tipe 2 biasanya dipengaruh banyak faktor penyebab," kata Adimoolam.

Manajemen diabetes sehari-hari pun sudah bisa membuat penderita merasa capek, mulai dari harus memonitor gula darah, minum obat, hingga mengatur makan.

Diabetes juga bisa mengganggu tidur, misalnya saja sering pipis di malam hari sehingga harus bolak-balik ke kamar mandi.

Mengatasi kelelahan

Untuk mengurangi rasa lelah dan gejala serta komplikasi lainnya, penting untuk mengikuti saran dokter sehingga diabetes bisa dikelola dengan baik, termasuk membuat pilihan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat, termasuk olahraga rutin setiap hari, minum cukup air putih, dan disiplin mengonsumsi obat, cenderung lebih bugar.

Selain itu, pastikan cukup tidur di malam hari agar tubuh lebih berenergi. Kesehatan mental juga perlu diperhatikan, karena penderita diabetes rentan mengalami kecemasan.

Jika kamu merasa sangat lelah di sela-sela kunjungan rutin ke dokter dan tampaknya kondisi tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter dan konsultaikan untuk diperiksa lebih awal.

Baca juga: Mencegah Kebutaan akibat Komplikasi Diabetes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau