Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2024, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Ruam dan gatal-gatal pada ketiak memang tidak membahayakan, tetapi tentu membuat rasa tidak nyaman bahkan nyeri. Terkadang dalam kondisi yang parah diperlukan obat dari dokter.

Ruam pada ketiak bisa terjadi di bagian ketiak atau kulit di sekitarnya. Ruamnya sendiri bisa berwarna merah atau lebih gelap dibanding warna kulit, bisa berupa bentol atau pun tidak, dan bisa kering atau seperti bisul.

Dijelaskan oleh dokter kulit Neil Farnsworth, ketiak memang gampang mengalami ruam karena mengandung kelenjar keringat apokrin, jenis kelenjar keringat yang memproduksi bau.

"Selain itu ketiak juga sering tertutup dan gelap, menyebabkan keringat dan juga minyak di kulit menumpuk. Ketiak kita juga cenderung hangat dan lembab serta sering bergesekan saat lengan digerakkan," kata Faransworth.

Jika kulit ketiak kamu gampang mengalami ruam, bisa jadi penyebabnya adalah beberapa hal berikut ini:

Baca juga: Kenapa Ketiak Bau walaupun Sudah Mandi? Berikut 15 Penyebabnya...

- Dermatitis kontak
Dermatitis kontak adalah jenis ruam yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika kulit bergesekan dengan kulit atau bahan pakaian yang menyebabkan iritasi.

Panas dan juga keringat berlebih dapat menyebabkan timbulnya ruam, selain juga kebiasaan mencukur rambut di ketiak yang membuat bagian ketiak jadi lebih rentan gesekan.

Dermatitis kontak juga bisa timbul ketika lapisan pelindung kulit terganggu oleh bahan-bahan dalam produk, seperti sabun, deodoran, serta pakaian.

- Infeksi jamur
Kelembaban tinggi dari keringat bisa memicu pertumbuhan berlebihan jamur yang disebut Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur.

"Infeksi jamur biasanya berwarna merah terang, dengan bintik terang dan ada pustula (nanah) di bagian pinggir. Seringkali infeksi jamur berbau seperti keju," kata Farnsworth seperti dikutip dari everydayhealth.

Jenis infeksi jamur lainnya adalah jamur Trichopyhton, Mircrosporum, atau Epidermophyton, yang bisa menyebar lewat kontak antara kulit atau memakai benda yang bersentuhan dengan kulit secara bergantian.

Baca juga: Mengenal Penyakit yang Disebabkan Jamur di Lingkungan

- Kondisi kulit tertentu
Beberapa kondisi tertentu seperti folliculitis yaitu masuknya bakteri ke folikel rambut, juga bisa menyebabkan infeksi dan radang.

Kondisi peradangan di kulit seperti eksim juga sering muncul di bagian ketiak. Sedangkan penyebab ruam lainnya adalah sifilis yang biasanya diikuti dengan gejala lain berupa pembengkakan kelenjar getah bening dan penurunan berat badan.

Mengatasi ruam
Kebanyakan ruam tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan pengobatan biasa, misalnya saja memakai salep khusus atau menghindari bahan-bahan iritan. Namun, jika gejalanya tidak membaik atau malah memburuk, periksakan ke dokter kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau