Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2015, 13:00 WIB


KOMPAS.com
- Ingin berolahraga lebih lama, tanpa harus sangat kelelahan? Studi terbaru menunjukkan, menambahkan jus bit dalam menu makanan Anda bisa jadi jawabannya. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Physiology: Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, menunjukkan nol nitrat, yang ditemukan dalam jus bit dan dikonversi menjadi nitrat oksida pada tubuh; molekul yang memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

Siaran pers pada penelitian menjelaskan bahwa mereka yang berolahraga dengan mengonsumsi jus bit mengalami efek ini, baik saat melakukan latihan bersepeda dan saat beristirahat.

Tekanan darah lebih rendah dan jantung membutuhkan oksigen yang lebih sedikit selama latihan, yang kemudian membuat peneliti menyimpulkan bahwa jus bit mampu meningkatkan pengiriman O2 dan mengurangi kerja jantung. Sehingga, latihan dapat dilakukan dengan beban kerja lebih berat dalam waktu yang lebih lama, sebelum timbulnya kelelahan. Lebih baik lagi, efek ini dapat dicapai dalam waktu singkat: 14 pria partisipan penelitian meminum jus bit hanya dalam waktu 15 hari.

Temuan kontras dalam penelitian Penn State dari Januari, para peneliti menemukan bahwa jus tidak berpengaruh pada pelebaran arteri brachialis. Di antara para partisipan ditugaskan untuk melakukan latihan kekuatan otot tangan, meski peneliti melihat adanya efek pada arteri, para peneliti juga mencatat beberapa faktor kontribusi potensial, partisipan yang muda dan sehat misalnya, sehingga fungsi endotel vaskularnya dalam kondisi sangat baik untuk memulai olahraga.

Kedua, mereka melengkapinya dengan olahraga lengan intensitas rendah. Pelebaran mungkin akan terjadi selama melakukan olahraga intensitas tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com