Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Membersihkan Rumah Memperpanjang Usia Wanita

Kompas.com - 24/10/2016, 20:25 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Peneliti mengungkapkan, wanita yang rajin membersihkan lantai dan mencuci baju cenderung hidup tiga tahun lebih lama. Pria dapat bernapas lega. Pekerjaan rumah tangga seperti itu hanya berdampak kecil pada pria. Mereka lebih baik berkebun. Begitu hasil penelitian periset dari Belanda.

Tim penelitian dari University Medical Center Rotterdam menemukan bahwa wanita usia 55 tahun yang sedikit melakukan pekerjaan rumah tangga cenderung panjang umur dan merayakan ulang tahun ke-83. Tetapi, wanita yang rajin melakukan pekerjaan rumah tangga terus hidup sampai usia 86 tahun.

Manfaat panjang usia bagi pria masih belum terlihat. Usaha para pria untuk membersihkan kamar mandi hanya menambah usia satu tahun.

Tetapi pria yang berkebun dapat hidup 2,7 tahun lebih panjang. Sementara bekerja di luar rumah hanya berdampak sedikit pada wanita.

Dr Klodian Dhana, pemimpin riset ini mengatakan, perbedaan itu sebagian dapat dijelaskan fakta bahwa pria lebih sering berkebun dan wanita terlibat dalam pekerjaan rumah tangga.

Studi ini melibatkan lebih dari 7.000 pria dan wanita. Mereka ditanyai seputar gaya hidup mereka. Kemudian mereka diikuti sampai berpuluh-puluh tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com