Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psoriasis Bukan Penyakit Menular

Kompas.com - 15/02/2009, 16:38 WIB

JAKARTA, MINGGU — Meski tetap harus diwaspadai pengaruh lingkungan, psoriasis bukan penyakit menular. Ahli rheumatologi dr Cecilia R Padang, PhD, FACR menegaskan bahwa penyakit psoriasis bukanlah penyakit kelainan kulit yang menular.

"Penyakit ini lebih disebabkan oleh faktor genetik.Namun kadangkala faktor pemicunya adalah interaksi dengan lingkungan. Namun yang pasti penyakit ini tidak menular," kata Cecilia. Hal tersebut ditegaskannya pada acara edukasi awam "Stop Psoriasis", Jakarta, Minggu (15/02).

Menurutnya, jenis penyakit kelainan kulit ini termasuk unik karena bukan disebabkan oleh faktor infeksi, alergi atau jenis kelainan kulit lain. Namun, yang juga harus diperhatikan bahwa penyakit ini sampai sekarang belum bisa disembuhkan.

Pengobatan yang ada sampai saat ini hanya untuk menekan gejala psoriasis, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal. "Penderita psoriaris harus terus menjalani perawatan secara intensif karena ini merupakan penyakit kronik," ujarnya.

Psoriasis ditandai gejala lesi kulit berupa plak atau penebalan kulit yang datar menimbul di permukaan kulit, berukuran lebih dari setengah sentimeter. Lesi itu berwarna kemerahan yang ditutupi sisik putih dan transparan. Kelainan kulit itu umumnya mengenai bagian kepala berambut, batas kulit kepala yang berambut, kedua siku dan lutut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com