Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bugar? Bangun Lebih Pagi

Kompas.com - 15/05/2010, 11:41 WIB

Kompas.com - Sebagian besar dari kita pasti tahu, bangun pagi baik untuk kesehatan. Tapi kebanyakan dari kita masih kesulitan untuk beranjak dari tempat tidur saat matahari baru akan menampakkan sinarnya.

“Itu adalah cerita klasik,” ucap Jorge Cruise, penulis buku 3-Hour Diet On the Go. Dan untuk cerita klasik ini, Cruise telah menyiapkan langkah sederhana yang bisa kita mulai lakukan esok hari.

“Lakukanlah secara perlahan-lahan,” Cruise menyemangati. Esok pagi, coba bangun 10-15 menit lebih cepat dari biasanya. Lalu lakukan beberapa gerakan yoga yang sederhana untuk melenturkan tubuh. Setelah itu Cruise menyuruh kita untuk melakukan sit-up. “Ini semua bisa dilakukan tanpa perlu mengganti baju tidur kita. Lusa, cobalah dengan olahraga yang sedikit berbeda seperti naik turun tangga atau keliling komplek rumah dengan sepeda.

Langkah sederhana ini memang tidak serta merta membuat kita masuk dalam kategori pecinta olahraga. Tapi setidaknya kita membuat 10-15 menit bangun lebih awal menjadi suatu aktivitas yang nyata. “Jika ini sukses dilakukan, maka silahkan masuk ke level olahraga berikutnya.” Dan langkah berikutnya itu adalah membuat kita 5 menit lebih cepat menyambut hari, “Sampai nanti kita benar-benar bisa bangun 30 menit lebih cepat!”

Saat sampai pada 30 menit lebih cepat untuk bangun pagi, Cruise menyakini, kita akan terbiasa bahkan merindukan udara serta sinar matahari pagi. Ini artinya, kita tidak perlu berkali-kali menekan tombol snooze pada alarm jam atau handphone kita. (Preventionindonesia.com/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com