Kamis, 30 Oktober 2014 20:42
Caring by Sharing | Kompas.com

Tips Memulai Meditasi Bagi Pemula

Penulis : Bramirus Mikail | Sabtu, 6 Agustus 2011 | 09:20 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi meditasi

KOMPAS.com - Di zaman modern seperti saat ini, sebagian di antara kita mungkin telah kehilangan kontak dengan batin. Kita tidak memiliki kedamaian batin atau hubungan dengan jiwa kita.

Meditasi dalam hal ini dapat membantu Anda untuk menyatukan pikiran, tubuh dan roh. Jika Anda ingin proses berpikir saat bekerja menjadi lebih terorganisir, meditasi dapat menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Manfaat meditasi banyak ragamnya, salah satunya adalah tubuh menjadi rileks dan pikiran tenang.

Belajar meditasi tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Oleh karena itu, wajar jika banyak para pemula mengalami kegagalan. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda diingat ketika Anda berencana untuk memasukan meditasi sebagai bagian dari rutinitas hidup Anda :

1. Mendidik diri : Kebingungan dan kesalahpahaman umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan. Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk membaca beberapa buku tentang meditasi dan latihan spiritual. Cari pengajar yang menurut Anda berkompeten atau komunitas online di mana Anda bisa mendapatkan jawabannya.

2. Atur waktu : Untuk menjadikan meditasi sebagai kegiatan yang rutin, sisihkan sedikit waktu sehingga Anda bisa tenang dan tidak diganggu. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Namun, jika Anda menghadapi kendala waktu, Anda juga dapat melakukannya di malam hari.

3. Jangan pikirkan hal lain : Jika Anda mempunyai sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan, ada baiknya Anda menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum memulai meditasi. Anda harus memiliki pola pikir yang jelas sebelum Anda duduk dan bermeditasi.

4. Lakukan perengangan : Perengangan mengendurkan otot dan tendon, sehingga membuat Anda lebih nyaman. Peregangan adalah proses "keluar dan masuk" yang akan memberikan banyak masukan dalam melakukan konsentrasi.

5. Dapatkan kenyaman : Cari tempat tenang yang membuat Anda merasa nyaman. Ketika Anda duduk di kursi atau bersila di lantai, pastikan bahwa tulang belakang Anda tegak lurus dengan kepala. Tutup mata Anda, rileks, dan duduk kembali untuk memfokuskan pikiran Anda.

6. Siapkan pikiran : Biarkan pikiran Anda tetap pada stabilitas aslinya dan kuatkan batin. Jika Anda merasa hal lain masuk ke dalam pikiran Anda selama meditasi, cobalah untuk kembali fokus. Sebuah cara sederhana untuk mengosongkan pikiran Anda adalah dengan fokus pada pernapasan.

7. Mengucapkan mantra : Menggunakan mantra adalah teknik meditasi yang banyak dipraktekkan secara luas. Saat bermeditasi, Anda dapat mengulangi kata-kata dengan getaran positif seperti 'om', 'cinta', 'perdamaian' dan 'santai'.

8. Napas panjang : Ketika bermeditasi, Anda harus mengambil napas panjang dan dalam. Anda tidak harus bernapas dari dada, melainkan Anda harus bernapas dari perut Anda. Ini merupakan aspek penting dari meditasi dan hal tersebut akan berulang sendirinya tanpa Anda sadari.

9. Lakukan secara bertahap :  Semakin sering Anda bermeditasi, maka makin banyak manfaat yang akan Anda terima. Bagi Anda yang baru ingin mencoba, mulailah dengan waktu yang singkat, misalnya 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bisa Anda tingkatkan secara bertahap.

10. Coba berbagai teknik mediasi : Ada banyak macam teknik meditasi yang bisa Anda coba. Jadi, jika salah satu teknik Anda rasa tidak tepat, terus mencoba teknik meditasi baru sampai Anda menemukan yang sesuai untuk Anda.

 


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui