Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi Ikan Berpotensi Sebarkan Hepatitis dan HIV

Kompas.com - 22/10/2011, 10:42 WIB

KOMPAS.com — Terapi ikan yang selama ini dinilai mampu melancarkan peredaran darah dan menyembuhkan berbagai penyakit ternyata malah mempunyai potensi menyebarkan virus hepatitis dan HIV.

Inilah pendapat beberapa ilmuan Inggris atau The Health Protection Agency (HPA), seperti yang dikutip dari The Straits Times, Rabu (19/10/2011). Dalam penelitiannya, ditemukan bahwa terapi ikan justru memperlemah sistem kekebalan tubuh dari rentan risiko penularan infeksi virus.

Penemuan ini diperoleh dari tangki air yang berisi air untuk menaruh ikan-ikan memiliki banyak mikroorganisme. Selain itu, HPA juga menemukan bahwa infeksi biasanya disalurkan dalam berbagai cara, di antaranya, kontaminasi dari air yang kotor atau dari manusia ke manusia yang berbagi kolam yang sama. (Olivia Lewi Pramesti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com