Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Rutin Yoga Prenatal Bikin Persalinan Lancar?

Kompas.com - 10/05/2024, 10:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Melakukan olahraga saat hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran. Namun, pilih jenis latihan yang disesuaikan dengan tubuh ibu hamil. Salah satu yang direkomendasikan adalah yoga prenatal.

Pada dasarnya yoga prenatal sama dengan yoga lainnya yang berfokus pada teknik pernapasan dan peregangan. Bedanya, gerakan di kelas yoga ini didesain untuk membuat calon ibu lebih fleksibel dan menyiapkan persalinan.

Dikutip dari WebMD, yoga prenatal bermanfaat bagi ibu dan bayi. Pada ibu, gerakan-gerakan yoga ini akan meningkatkan ketahanan dan kelenturan, mengurangi nyeri punggung bawah yang biasanya dikeluhkan ibu hamil, melancarkan peredaran darah, serta memperbaiki pola tidur.

Yoga prenatal memang tidak menjamin persalinan lebih lanacar. Namun, gerakan dalam yoga ini membantu calon ibu lebih rileks dan berpikir positif dalam menjalani persalinan.

Baca juga: 7 Gerakan Prenatal Yoga, Cocok untuk Ibu Hamil

Meditasi dan juga olah napas terbukti mengurangi rasa nyeri dan kecemasan yang wajar dialami menjelang persalinan.

Salah satu studi meta analisis terhadap 5 penelitian yang melibatkan 581 perempuan menunjukkan, ada penurunan nyeri yang signifikan saat melahirkan yang dikaitkan dengan yoga prenatal.

Untuk mendorong ibu hamil lebih aktif berolahraga, produk suplemen ASI booster Mom Uung mengadakan kegiatan yoga prenatal bersama sekitar 300 ibu hamil di Pullman Central Park Jakarta (5/5/2024).

"Kegiatan yoga ini ditujukan agar para mommy bisa mendapatkan edukasi tentang pentingnya ASI bagi bayi. Para mommy yang hadir juga bisa berkonsultasi dengan konselor laktasi," kata Uung Victoria Finky.

Selain melakukan yoga bersama, para peserta juga mendapatkan materi dari dr.Agus Heriyanto Sp.OG tentang manfaat menyusui secara eksklusif untuk bayi sampai usia 2 tahun.

Baca juga: Apa Penyebab Gula Darah Naik pada Ibu Hamil?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com