Selasa, 21 Oktober 2014 07:34
Caring by Sharing | Kompas.com

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Sakit Gusi Bisa Berujung Impotensi

Penulis : Bramirus Mikail | Selasa, 22 Mei 2012 | 14:09 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Satu lagi alasan kenapa kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk selalu dijaga. Sebuah penelitian terbaru mengindikasikan, pria yang memiliki penyakit gusi parah, yang dikenal dengan istilah periodontitis, memiliki risiko lebih besar untuk mengalami disfungsi ereksi atau impotensi.

Ini merupakan hasil kajian para peneliti dari Taiwan yang menggunakan data dari suatu studi berskala besar. Para peneliti mengidentifikasi hampir 33.000 pria dengan disfungsi ereksi (impotensi) dan memilih secara acak sekitar 162.000 pria tanpa impotensi.
Hasil kajian menunjukkan, sekitar 12 persen dari pria mengalami periodontitis. Pada kelompok ini, partispan dengan penyakit gusi sekitar 27 persen mengalami disfungsi ereksi dan sekitar 9 persen sisanya tanpa masalah seksual. Para pria dipantau perkembangan kondisinya selama lima tahun.

Studi menemukan bahwa penyakit gusi lebih umum ditemukan pada pria dengan disfungsi ereksi ketimbang kelompok kontrol. Setelah memperhitungkan faktor gaya hidup, pendapatan, dan kondisi medis yang ada, para peneliti menemukan penyakit gusi masih terkait dengan impotensi, terutama pada pria muda berusia 30 tahun dan yang lebih tua dari 70 tahun.

"Memahami semua aspek tentang bagaimana dan mengapa kondisi kesehatan terjadi sangat penting sebagai upaya pencegahan dan tujuan pengobatan," kata Dr Tobias Kohler, anggota dari American Urology Association Public Media Committee.

"Studi baru ini menunjukkan bagaimana sebuah kondisi yang tidak terkait ternyata  bisa saling memengaruhi. Perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami temuan ini," katanya.

Studi ini tidak menunjukkan bahwa penyakit gusi menyebabkan impotensi, hanya saja bahwa ada hubungan antara keduanya.

Dr Aaron Katz, ketua departemen urologi di Winthrop-University Hospital, Mineola, New York, mengemukakan sebuah teori tentang hubungan potensial antara sakit gusi dan disfungsi ereksi.

"Saya pikir hubungan antara disfungsi ereksi dan penyakit gusi kemungkinan karena peradangan dalam tubuh dan kerusakan pada pembuluh darah yang menyuplai darah ke penis," katanya. Dia menambahkan bahwa pria dengan kondisi periodontitis harus berusaha mendapatkan perawatan gigi yang baik untuk membantu mengatasi masalahnya.

Hasil riset ini akan dipresentasikan pada pertemuan American Urological Association, di Atlanta.


Sumber :
Healthday News
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui