Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Musik yang Paling Menenangkan Tubuh dan Pikiran

Kompas.com - 13/04/2016, 11:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com — Musik yang telah terbukti secara ilmiah menjadi musik yang paling membuat rileks kini diproduksi dalam bentuk video musik dengan tambahan lima lagu lainnya.

 

Musik ini memiliki kemampuan untuk memperlambat denyut jantung, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi kadar hormon stres kortisol. Hal ini termasuk dalam album baru dirilis untuk mengoptimalkan unwinding.

 

Musik dengan durasi delapan menit ini diproduksi oleh band asal Manchester, Marconi Union, bekerja sama dengan British Academy of Sound Therapy.

 

Musik ini dinobatkan sebagai lagu yang paling membuat rileks oleh sebuah studi tahun 2011 yang dilakukan oleh MindLab Institute.

 

Video yang baru saja dirilis dibuat dengan menggunakan drone yang diarahkan ke aliran air yang terdapat di dekat Blencathra, sebuah gunung di Lake District. Video ini dibuat sedemikian rupa untuk membantu menenangkan pikiran bagi yang melihatnya.

 

Drone diterbangkan di atas perairan dalam pola yang sangat spesifik dan menggunakan 130 layer video HD untuk menciptakan efek selang waktu.

 

Studi menemukan bahwa lagu "Weightless" 11 persen lebih menenangkan jika dibandingkan dengan lagu ciptaan musisi lain yang juga bersifat menenangkan, seperti Mozart, Enya dan Coldplay.

 

Secara keseluruhan, dengan mendengarkan album ini, kadar kecemasan turun sebanyak 65 persen, meskipun relawan studi diberi teka-teki yang menantang untuk diselesaikan dalam waktu yang singkat.

 

Album "Ambient Transmissions Volume 2", menurut Lyz Cooper dari British Academy of Sound Therapy, dibuat oleh Marconi Union dengan menerapkan teori ilmiah dalam menciptakan "lagu santai yang sempurna".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com