Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Dini Kanker Payudara Gratis untuk 50.000 Wanita

Kompas.com - 01/03/2024, 15:00 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendeteksi dini kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri dan pemeriksaan payudara klinis menggunakan USG payudara dan mammografi penting untuk dilakukan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, sebesar 70 persen pasien kanker payudara sudah berada di stadium 3 saat terdeteksi. Padahal, jika rutin melakukan deteksi dini, kanker dapat ditemukan di stadium awal, sehingga peluang kesembuhan pengobatan lebih besar.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan deteksi kanker payudara, RS Siloam meluncurkan program SELANGKAH 2024 berupa skrining payudara gratis untuk 50.000 wanita di Indonesia.

Menurut Sekretaris RS Siloam Ratih Hadiwinoto, program SELANGKAH sudah dimulai sejak tahun 2023. Berdasarkan temuan RS Siloam, dari 12.000 wanita yang mengikuti program ini, 9 persen di antaranya terindikasi kanker payudara.

“Program SELANGKAH ini akan dilakukan di 14 Rumah Sakit Siloam, di mana masyarakat bisa mendapatkan akses untuk skrining payudara gratis,” ujar Ratih di acara peluncuran program SELANGKAH 2024 di RS Siloam Agora, Jakarta Pusat (29/2/2024).

Baca juga: Nunung Ubah Gaya Hidup Usai Jalani Pengobatan Kanker

Skrining payudara secara rutin disarankan untuk wanita berusia 40 tahun ke atas. Akan tetapi, wanita yang memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara tidak harus menunggu hingga berusia 40 tahun.

Apabila menemukan benjolan pada payudara, pemeriksaan perlu dilakukan dengan segera terlepas dari berapa pun usia.

“Melakukan skrining payudara atau mamografi sebaiknya dilakukan di atas 40 sampai 45 tahun, untuk usia muda justru tidak disarankan melakukan mamografi karena khawatir hasilnya tidak valid. Bagi usia muda yang ingin melakukan skrining deteksi dini bisa melakukan USG,” ujar dr. Jeffry Beta Tenggara SpPD-KHOM dalam acara yang sama.

Program SELANGKAH 2024 terutama menargetkan untuk mereka yang berlokasi di daerah yang membutuhkan dan terdapat kesenjangan dalam akses terhadap layanan kesehatan.

Program ini akan dijalankan di 14 RS Siloam yang tersebar di 12 kota, yaitu RS MRCCC Siloam Semanggi, Agora Cempaka Putih, TB Simatupang, Lippo Village Tangerang, Bogor, Surabaya, Jember, Denpasar, Kupang, Balikpapan, Makassar, Manado, Jambi, dan Palembang.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Risiko Kanker Payudara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com