Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benjolan Kanker Payudara Seperti Apa? Simak Penjelasan Ahli Berikut

Kompas.com - 24/08/2023, 09:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Gejala kanker payudara yang paling umum dan mudah dikenali adalah kemunculan benjolan pada payudara. Hal ini lantas membuat sebagian orang bertanya-tanya, benjolan kanker payudara seperti apa?

Benjolan kanker payudara bisa berbeda-beda kepadatannya dan disertai dengan gejala lain. Hal itu tergantung pada stadium kanker payudara yang diderita seseorang.

Simak pemaparan berikut untuk mengetahui karakteristik benjolan payudara yang mengindikasikan kanker.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Awal Kanker Payudara, Wanita Perlu Tahu

Benjolan kanker payudara seperti apa?

Kanker payudara atau carcinoma mammae adalah jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Sayangnya, tanda-tanda kanker payudara seringkali tidak disadari oleh penderitanya.

Pakar bedah onkologi, dr. Walta Gautama Said Tehuwayo, Sp.B.Subsp.Onk(K) mengatakan benjolan menjadi satu tanda kanker payudara yang paling sederhana untuk dikenali.

"90 persen itu benjolan. Sisanya, ada keluar cairan dari puting, luka di puting. Nomor satu ada benjolan yang padat dan keras, tidak rata permukaannya," kata dr. Walta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (23/8/2023).

Walta melanjutkan, kondisi benjolan kanker payudara bisa berbeda-beda. Apabila benjolan payudara terasa kenyal itu merupakan tumor jinak atau kanker payudara stadium awal.

Tumor jinak juga memiliki permukaan yang licin dan rata saat diraba dengan tangan. Selain itu, ukuran benjolan biasanya kuran dari 5 cm.

Apabila benjolan tersebut padat, keras dan tidak bisa ditentukan pinggirannya maka biasanya pertanda kanker payudara.

Benjolan kanker payudara tanpa disertai dengan tanda-tanda lain kemungkinan masih stadium dini atau tahap awal.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Benjolan Kanker Payudara

Seseorang mungkin mengidap kanker payudara stadium lanjut jika menemukan benjolan kanker disertai dengan kondisi berikut:

  • Luka di puting yang tidak kunjung sembuh lebih dari 6 bulan
  • Keluar cairan berwarna merah atau kecoklatan dari puting
  • Puting tertarik ke dalam
  • Kulit puting menebal atau mengeras
  • Payudara tampak kemerahan
  • Adanya cekungan seperti lesung pipi pada payudara
  • Payudara tampak seperti kulit jeruk.

Seseorang yang menunjukkan tanda-tanda kanker payudara seperti kemunculan benjolan disarankan untuk segera periksa ke dokter.

Dengan deteksi dini, seseorang memiliki harapan yang lebih besar untuk sembuh dari kanker payudara.

Bagaimana cara mendeteksi benjolan kanker payudara?

Dokter Walta Gautama mengatakan, cara mendeteksi benjolan kanker payudara yang dengan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI.

SADARI dilakukan dengan cara meraba payudara. Waktu terbaik seorang wanita melakukan SADARI yaitu pada hari ke 7-10 setelah haid berhenti.

Dilansir dari laman Sehat Negeriku, berikut cara melakukan SADARI untuk mendeteksi benjolan kanker payudara yang bisa Anda lakukan:

  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan belakang lalu cermati bentuk serta ukuran payudara.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.
  5. Masih menggunakan ujung jari, cobalah meraba dengan gerakan atas-bawah, melingkar, lurus, dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  6. Cubit atau pencet kedua puting dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting. Jika puting mengeluarkan cairan berwarna merah atau kecoklatan, itu bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara stadium lanjut.

Setelah mengetahui benjolan kanker payudara seperti apa, seseorang yang menemukan benjolan di payudaranya sebaiknya segera ke dokter untuk didiagnosis dan mengetahui perawatan medis yang tepat. 

Baca juga: 6 Cara Mengobati Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com