Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2024, 05:09 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber ABC News

KOMPAS.com - Vaksin HPV merupakan vaksin untuk mencegah kanker serviks (leher rahim). Di banyak negara yang sudah mewajibkan vaksin ini untuk anak perempuan angka kejadian kanker serviksnya turun.

Penelitian terbaru menunjukkan, vaksin HPV bukan hanya bermanfaat bagi kaum hawa, tapi juga dapat mencegah kanker pada pria.

Penelitian baru menunjukkan bahwa pria yang divaksinasi memiliki lebih sedikit angka kejadian kanker mulut dan tenggorokan dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan vaksin. Kanker mulut dan tenggorokan dua kali lebih umum terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

HPV atau human papilloma virus dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Sebagian besar infeksi HPV tidak menyebabkan gejala dan bisa sembuh sendiri. Namun, sebagian lagi akan berkembang menjadi kanker.

Baca juga: 2 Penyakit Kelamin Pria yang Bisa Dicegah dengan Vaksin HPV

Infeksi HPV diketahui bisa menyebabkan kanker pada anus, penis, serta mulut dan tenggorokan. Sedangkan pada perempuan kanker leher rahim (serviks).

Penelitian mengenai manfaat vaksin HPV untuk pria dilakukan dengan membandingkan data antara orang yang divaksin dan tidak divaksin pada 3.4 juta orang dalam kelompok usia sama.

Sudah tentu wanita yang divaksin memiliki angka kejadian kanker serviks lebih rendah dalam periode 5 tahun setelah disuntik. Demikian juga pada pria yang divaksin, angka kejadian kanker terkait HPV lebih rendah.

"Manfaat maksimal dari vaksin baru akan kita lihat pada dua atau tiga dekade mendatang. Yang terlihat dari studi ini adalah efek gelombang awal," kata salah satu peneliti Dr.Joseph Curry dari Sidney Kimmel Cancer Center Philadelphia, AS.

Baca juga: Kasus Kanker Penis Naik di Dunia, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com