Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paparan Zat Kimia Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 05/04/2010, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan bahan-bahan kimia dan polutan di tempat kerja sebelum seseorang berusia 30 tahun akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara setelah usia menopause.

Sejumlah peneliti menemukan kaitan antara kanker payudara dan sejumlah zat kimia berbahaya. Mereka melakukan investigasi untuk mengetahui sebarapa besar tingkat paparan para responden terhadap 30 jenis bahan berbahaya di lingkungan pekerjaan mereka. Hasilnya, mereka yang terkena kanker payudara di usia menopause lebih sering terpapar bahan kimia berbahaya sebelum berusia 36 tahun.

Demikian kesimpulan sebuah penelitian terhadap 556 perempuan usia 50-75 yang didiagnosa menderita kanker payudara di Kanada dan 613 perempuan dalam kelompok kontrol yang bebas kanker payudara. Seluruh responden sudah menopause.

Bahan kimia berbahaya yang dimaksudkan antara lain serabut akrilik, serabut nilon, serta senyawa aromatik. Bahan-bahan ini biasa dipakai dalam kandungan cat tembok, furniture, dan sebagainya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine ini konsisten dengan teori yang menyatakan jaringan payudara lebih sensitif pada bahan-bahan kimia berbahaya jika terpapar saat sel-sel di payudara masih aktif (sebelum usia 40 tahun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com