Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascaoperasi Hidung, Lebih Muda 1,5 Tahun?

Kompas.com - 17/01/2012, 13:32 WIB

KOMPAS.com Memiliki hidung pesek alias mancung ke dalam untuk sebagian orang mungkin sedikit memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Namun, hal itu kini bukan lagi masalah karena dapat diatasi dengan operasi hidung atau biasa disebut rhinoplasty.

Riset terbaru menunjukkan, operasi hidung tidak hanya meningkatkan level kepedean dan penampilan seseorang, tetapi juga dapat membuat pasien tampak lebih muda rata-rata 1,5 tahun.

"Wajah memang terlihat lebih muda setelah menjalani sebuah operasi hidung. Ini sebuah kejutan menyenangkan yang sejalan dengan keberhasilan melakukan operasi," kata dr Ali Sepehr, ahli bedah plastik wajah dari OC Center untuk Facial Plastic Surgery di Irvine, California, Amerika Serikat.

Sementara itu, Kepala Divisi Bedah Plastik di George Washington University School of Medicine dr Michael Olding mengatakan bahwa operasi hidung tidak membuat pasien tampak lebih muda. Menurut Olding, tujuan operasi lebih untuk meningkatkan keselarasan antara hidung dan wajah.

Dalam riset tersebut, para peneliti meminta 50 orang (sebagai pengamat) untuk melihat foto sebelum dan satu tahun setelah operasi dari 53 pasien (41 orang di antaranya perempuan) yang telah menjalani operasi hidung. Lalu, pengamat diminta untuk memperkirakan usia pasien, yang antara 15-61 tahun. Rata-rata usia para pasien ini adalah 35 tahun.

Hasilnya, mereka yang telah menjalani operasi hidung ternyata terlihat 1,5 tahun lebih muda. Efek awet muda tersebut lebih jelas pengaruhnya bagi pasien yang berusia lebih tua ketimbang yang masih muda.

Kepala Divisi Operasi Plastik, Estetika, dan Rekonstruksi Universitas Miami Miller School of Medicine dr Seth Thaller mengatakan, operasi hidung mungkin diperlukan untuk memperbaiki bentuk hidung akibat cedera atau cacat agar tampak lebih menarik secara visual.

"Saya mencatat ada perubahan lengkap dalam persepsi diri pasien. Mereka akan merasa diri mereka jauh lebih baik. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah gaya rambut, pakaian, dan make up. Ini mungkin sebenarnya yang membantu membuat mereka tampil lebih muda," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com