Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Bentuk Komite Darurat Penanganan Virus Corona

Kompas.com - 06/07/2013, 11:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk komite yang terdiri dari para pakar untuk menangani virus corona di Timur Tengah (Middle East Coronavirus/MERS) yang terus memburuk.

Pakar influenza dari WHO, Keiji Fukuda, mengatakan, saat ini korban jiwa akibat MERS sudah mencapai 40 orang.

Meski saat ini belum ada pandemi, tetapi para pakar akan dimintai pendapat untuk penanganan virus baru ini jika jumlah korbannya mendadak naik.

Kebanyakan kasus MERS sejauh ini hanya terjadi di Arab Saudi, di mana setiap tahunnya jutaan umat Muslim dari seluruh dunia datang untuk beribadah haji.

"Kami ingin memastikan ada prosedur tindakan cepat jika memang diperlukan," kata Fukuda.

Ia menjelaskan, jika pada masa mendatang ada ledakan penularan atau wabah yang besar, situasinya akan berubah dengan cepat. "Kami sudah memiliki komite ahli yang siap melakukan tindakan segera," katanya.

Komite darurat ini adalah komite kedua yang dibentuk oleh WHO setelah pada tahun 2009 dibentuk komite penanganan pandemi H1N1. Fukuda mengatakan, infeksi MERS sejauh ini belum bisa menular antar-orang seperti halnya influenza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com