Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2013, 11:08 WIB


TANYA :

Dok saya baru menikah beberapa hari lalu. Saya belum sempat berbulan madu dengan istri karena kesibukan kerja. Suatu ketika, di penis saya timbul bintik-bintik merah. Setelah dicek ke dokter, saya terkena herpes genital, dokter memberi saya obat untuk dihabiskan selama 1 minggu, dan kini herpes itu sudah mulai kering dan mau sembuh. Padahal, saya belum pernah berhubungan badan sebelumnya. Hanya ketika remaja, saya pernah kena herpes, tapi di paha kanan saya.

Yang menjadi pertanyaan ;  1. Saya ingin sekali punya anak dok, apakah saya boleh berhubungan badan dengan istri?  2.Bagaimana caranya agar istri saya tidak tertular?  Dan misalkan istri saya nanti hamil, apakah janinnya bisa lahir dengan sehat dan normal ? Menurut dokter solusi apa yang terbaik yg harus saya lakukan untuk saya dan istri saya.  Terimakasih

(Fery Susanto, 25, Jakarta)

 

JAWAB :


Kalau benar itu herpes genitalis, berarti penularan melalui hubungan seksual. Kalau Anda belum sembuh, maka Anda dapat menulari istri Anda kelak.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah sembuh. Untuk itu diperlukan pemeriksaan darah, tidak cukup hanya dengan melihat ada atau tidaknya penyakit pada kelamin.

Kalau Anda sudah sehat, tentu istri tidak akan tertular virus itu. Saya sarankan Anda dan istri memeriksakan diri ke dokter, termasuk pemeriksaan laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com