Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Makrobiotik, Turunkan Berat Badan hingga Selaraskan Jiwa

Kompas.com - 31/07/2013, 14:25 WIB
Denny Santoso

Penulis


KOMPAS.com — Diet makrobiotik mungkin masih asing di telinga Anda. Metode diet ini digunakan oleh penyanyi sekaligus aktris cantik Madonna untuk menjaga bentuk tubuhnya. Bahkan, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, dan aktris ternama Gwyneth Paltrow pun juga pernah mencoba diet makrobiotik ini. Lantas apa yang dimaksud diet makrobiotik ini?

Diet makrobiotik berawal dari filosofi Cina kuno yang mengajarkan keseimbangan "Yin" dan "Yang". Diet ini menitikberatkan pada keseimbangan jenis asupan makanan dengan mempertimbangkan faktor musim, iklim, aktivitas, jender, usia, untuk kesehatan, sekaligus untuk mencapai keselarasan jiwa dan raga.

Intinya adalah, pelaku diet makrobiotik percaya bahwa makanan yang dikonsumsi akan berdampak pada kesehatan dan kebahagiaan. Mereka juga merasa bahwa dengan memilih makanan yang bersifat alami (bukan makanan olahan) dapat meningkatkan kualitas hidup serta membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

Dalam praktiknya, diet ini menganjurkan agar seseorang meningkatkan konsumsi makanan berserat, seperti padi-padian utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan ikan tertentu.

Daging merah, daging unggas, dan alkohol merupakan makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi oleh pelaku diet makrobiotik sedangkan minuman yang paling dianjurkan dalam diet makrobiotik adalah air putih dan teh.

Diet ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan asupan makanan yang berunsur Yin dan Yang. Makanan Yin diklasifikasikan sebagai makanan yang dianggap dingin, manis, dan pasif, sedangkan Yang adalah kebalikannya, yaitu makanan yang terkesan panas, asin, dan agresif.

Makanan "Yin" dan "Yang"

Sesuai dengan filosofinya, diet makrobiotik mengklasifikasikan makanan sesuai dengan karakter Yin dan Yang.

Kelompok padi-padian dianggap makanan dengan Yin dan Yang paling seimbang. Contohnya adalah beras putih, beras merah, gandum.

Dalam makanan sehari-hari, kelompok padian-padian ini jumlahnya harus 50 – 60 persen dari makanan lain. Pasta dan roti tanpa ragi masih diperbolehkan untuk dikonsumsi sesekali.

Adapun makanan berunsur Yang biasanya terdapat pada jenis sayur-sayuran segar dengan jumlah 25 – 30 persen dalam setiap sajian. Contohnya adalah kubis, brokoli, kembang kol, pok coy, lobak, bawang, dan labu. Sementara seledri, daun selada, jamur, kapri, dan buncis cukup dikonsumsi 2-3 kali seminggu. Proses memasak sayuran boleh dikukus atau ditumis dengan menggunakan minyak zaitun.

Makanan berunsur Yang lainnya adalah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan rumput laut yang boleh dikonsumsi sebanyak 5-10 persen dalam satu sajian.

Kembali pada filosofi Yin dan Yang yang menitikberatkan pada penyatuan kehidupan dengan alam, maka pelaku diet makrobiotik tidak menggunakan kompor listrik atau microwave saat memasak, karena cara tersebut bisa menghilangkan kandungan gizi dalam makanan yang dimasak. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kayu bakar atau gas.

Meski makanan berunsur Yin sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa makanan berunsur Yin, yang terlalu ekstrem dan harus dihindari oleh pelaku diet makrobiotik, yaitu telur, susu, keju, dan mentega.

Apakah diet makrobiotik aman?

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com