Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2013, 19:49 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Bagi sebagian wanita, penampilan adalah yang utama. Kendati harus mengorbankan kesehatan, asal postur tubuh terlihat bagus maka hal itu tidaklah menjadi masalah.

Kondisi ini terlihat pada pemakaian high heels yang sudah terbukti menyebabkan punggung wanita sakit akibat tekanan pada beberapa otot. Hal serupa ternyata juga terjadi pada penggunaan alas kali beralas rocker shoes. Ini adalah alas kaki dengan sol lebih tebal yang melingkar dan tumit membulat.

Menurut para ahli, pemakaian rocker shoes ternyata juga menyebabkan sakit punggung, seperti halnya high heels. Alas kaki bersol datar (flat shoes) justru lebih baik dibanding high heels atau rocker shoes. Penggunaan flat shoes menghindarkan wanita dari rasa sakit di punggung.

Para ahli mengatakan, hanya dengan pemakaian selama 2 jam sehari, flat shoes akan memberikan dampak positif bagi pengurangan rasa sakit pada punggung. Hal ini didasarkan pada riset yang dilakukan King’s College, London, pada 115 orang dewasa.

Riset tersebut membandingkan dampak penggunan sol datar dan rocker pada para responden. Sol rocker dikenal memiliki bentuk berlekuk, tidak stabil, dan memacu perubahan postur dan keseimbangan tubuh.

Semua responden dalam riset ini menderita sakit punggung kronis. Para responden diharuskan menggunakan sol datar atau rocker selama sedikitnya dua jam sehari. Mereka harus menggunakan alas kaki tersebut saat berdiri dan berjalan.

Setelah 6 bulan, responden yang menggunakan alas kaki datar menunjukkan hasil lebih baik. Lebih dari separuh responden yang menggunakan alas kaki datar menunjukkan perbaikan rasa sakit pada punggung. Sementara kondisi serupa hanya terjadi pada 1/3 responden yang menggunakan rocker shoes.

Hasil riset ini menegaskan, rocker shoes tidak memperbaiki sakit punggung yang dialami wanita. "Walaupun rocker shoes telah disarankan untuk memperbaiki postur tubuh yang tidak stabil, namun hasil riset menyatakan sebaliknya. Rocker shoes memberi hasil buruk pada penyembuhan sakit punggung yang dialami wanita," kata pimpinan riset, Sian Macrae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com