Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2014, 08:22 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Untuk kasus-kasus keluhan penyakit yang ringan, teknik akupresur bisa dilakukan untuk diri kita sendiri. Hanya bermodalkan jemari tangan, dalam waktu relatif singkat masalah terselesaikan.

Dalam tradisi penyembuhan tradisional Cina, dipercaya ada aliran energi konstan yang disebut chi. Energi ini mengalir dalam saluran yang disebut meridian. Di sepanjang meridian itu ada titik-titik yang bisa ditekan yang berhubungan dengan bagian lain tubuh. Penekanan terhadap titik-titik tertentu bisa menyembuhkan gejala-gejala tertentu.

Gejala penyakit pada dasarnya adalah sumbatan atau ketidakseimbangan aliran energi chi. Praktisi akupuntur bisa mengembalikan keseimbangan dengan menekan titik-titik di sepanjang meridian.

“Dalam pengobatan Cina pijat akupresur bisa berupa menarik, menekan, menggosok, mengetuk, menepuk, mencubit, meregangkan. Tindakannya tergantung pada keluhan yang dialami,” kata Judy James, ketua Australian Acupuncture & Chinese Medicine Association.

Untuk masalah kesehatan serius, kita perlu bantuan seorang ahli akupuntur. Namun untuk masalah ringan, kita bisa menggunakan prinsip akupuntur untuk diri sendiri.

Teknik dasar akupresur adalah dengan memberi tekanan konstan dan kuat selama 30 hingga 90 detik. Mungkin termasuk juga memberi pemijatan dengan gerakan memutar selama periode waktu yang sama.

Teknik akupresur moderen menggunakan metode ketuk dua jari terhadap titik tekan yang sama di tubuh untuk mengatasi masalah emosional. Menggunakan jari tengah dan telunjuk, titik tersebut harus diketuk dengan kuat 10-20 kali.

Sakit Punggung
Titik untuk sakit punggung letaknya di belakang lutut tepat di tengah lipatan. Titik akupresur ini ditujukan untuk menyembuhkan segala bentuk nyeri punggung dan bahu. Pijat dengan lembut daerah ini dengan gerakan memutar selama lima menit.

Nyeri Kepala dan Leher
Pegang kaki dengan kedua tangan dan fokuskan di daerah bawah jempol kaki. Pijat titik itu dengan gerakan memutar dari dasar jempol ke ujung kaki. Pemijatan ini bagus untuk mengatasi nyeri kepala yang disebabkan oleh sakit leher.

Nyeri Haid
Empat jari di bawah pusar adalahj titik akupresur yang membantu meringankan nyeri haid dan juga mengoreksi haid yang tidak teratur. Beri tekanan ringan selama satu menit dua kali sehari pada waktu sebelum, selama dan setelah haid. Alternatifnya, pijat daerah ini dengan gerakan memutar.

Stres
Untuk meringankan stres, Anda butuh mengetahui lokasi stres itu berada seperti di leher atau di perut. Setelah itu Anda lakukan tiga langkah teknik ketuk. Pertama ketuk dengan lembut di bawah mata, bagian atas tulang pipi. Kedua, ketuk di bawah lengan di tulang iga yang satu jajar dengan puting susu pria dan bagian tali bra wanita. Terakhir, ketuk daerah di bawah tulang selangka yang sejajar dengan dasar telinga. Ketuk tiap titik sepuluh kali dan diulangi tiga kali.

Mabuk Perjalanan
Untuk pusing karena mabuk perjalanan dan pusing karena cemas, cari titik kira-kira lima cm dari pergelangan tangan di tengah tangan bagian dalam. Tekan selama lima menit.

Masalah Pencernaan
Di bagian luar betis bagian tengah adalah satu dari titik penyeimbang energi dalam ilmu penyembuhan tradisional Cina. Tekan titik sekitar 7,5 cm di bawah persendian lutut di bagian luar kaki dengan jempol selama lima hingga sepuluh menit untuk meringankan masalah pencernaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com