Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sushi dan Rumput Laut, Rahasia Panjang Umur?

Kompas.com - 23/06/2014, 19:51 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Untuk menjadi sehat dan panjang umur, banyak orang percaya bahwa kuncinya ada pada pola makan yang sehat. Salah satu pola makan yang diketahui bisa membuat orang tetap sehat dan berumur panjang adalah diet ala Jepang.

Sebuah studi menemukan, orang Asia Timur rata-rata memiliki harapan hidup yang paling tinggi, yaitu 82,5 tahun. Laju obesitas yang terjadi di sana pun rendah, yaitu hanya 3,5 persen dibandingkan di Inggris. Selain itu, prevalensi penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker payudara, prostat, dan penyakit jantung di Jepang juga sangat rendah dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Lantas, apa rahasianya?

Para pakar mengungkap, kebiasaan makan orang Jepang mungkin adalah kunci mereka untuk panjang umur dan sehat.

Fakta pertama, di Jepang hidangan penutup yang disajikan adalah teh hijau atau buah, bukan puding. Porsinya pun rata-rata lebih sedikit daripada makanan barat. Teh hijau dan buah tidak mengandung gula sebanyak puding sehingga asupan gula yang dimakan orang Jepang lebih sedikit.

Banyak studi yang menunjukkan kaitan gula dengan penambahan berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Fakta kedua, orang Jepang mengganti salad dengan rumput laut. Para pakar menemukan hubungan antara kesehatan dan panjang umur orang Jepang dengan kebiasaan mengasup makanan rendah lemak, buah, dan sayuran laut seperti rumput laut. Bahan pangan ini memang mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit dan mengurangi berat badan.

Fakta ketiga, sushi yang menjadi salah satu makanan yang kerap dikonsumsi mampu memberikan banyak manfaat. Sushi merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, penting bagi kesehatan otak dan jantung. Selain itu, menurut Craig Wilcox dari Okinawa Research Center for Longevity Science, sushi juga merupakan sumber protein yang baik, dan minum lemak jenuh.

Selain itu, orang Jepang juga diketahui memiliki kebiasaan berhenti makan sebelum kenyang. Ini mampu menjaga berat badan tetap ideal. Mereka juga rajin berjalan dan naik kendaraan umum karena mengendarai kendaraan sendiri sangat mahal. Diketahui, berjalan merupakan salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com