Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Fungsi Testis Anak Setelah Operasi akibat Radang?

Kompas.com - 02/04/2015, 13:00 WIB

TANYA:
 
Dok, saya mempunyai anak laki-laki yang baru mengalami operasi pengambilan testis (sedikit hitam pada testis) akibat radang. Perlu diketahui bahwa kadang testis anak saya suka berada di atas (yang kanan, terutama saat menahan kencing) selangkangan, tapi biasanya tidak sakit. Untuk kasus kali ini tidak mau turun dan sakit. Akhirnya observasi dan diangkat. 

Pertanyaan saya, bagaimana dengan fungsi testis satunya lagi dan masalah kesuburannya kelak ? (testis sekarang tinggal satu dan ukurannya normal). Terima kasih.
 
Ahmad Ariyanto (39), Blitar


JAWAB:
 
Sebenarnya untuk menentukan fungsi testis dapat dilihat pada perkembangan seksual seorang anak saat usia pubertas. Sedangkan untuk menilai fungsi kesuburannya harus dilakukan analisis cairan spermanya.

Maka untuk kasus si kecil yang dapat dilakukan adalah dengan mengobservasi saja sampai suatu saat dia memasuki usia pubertas dan dewasa. Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan secara umum dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com