Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2015, 18:45 WIB
advertorial

Penulis

Tahukah kamu bahwa minyak yang digunakan dalam memasak, berpengaruh terhadap kesehatan kita?Minyak sawit, yang biasa dipakai oleh orang Indonesia,hampir 50%nya terdiri atas lemak jenuh.  Lemak jenuh tersebut akan meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh kita sehingga menyebabkan kegemukan dan penyakit jantung.

Untungnya, ada alternatif minyak yang lebih sehat daripada minyak sawit yaitu minyak kanola, minyak jagung dan minyak zaitun. Minyak ini lebih sehat karena rendah kandungan lemak jenuhnya.

Buktinya, minyak kanola dan jagung tidak membeku seperti halnya minyak sawit pada suhu rendah.

Ini adalah contoh perbandingan minyak kanola, minyak jagung dan minyak sawit yang dimasukkan ke dalam kulkas.

Selain rendah kandungan lemak jenuhnya, minyak kanola dan minyak jagung juga sama-sama tinggi omega 3 sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Perbedaan kedua minyak tersebut hanyalah di sumber dan aromanya.
Minyak kanola berasal dari biji bunga kanola, sementara minyak jagung berasal dari jagung. Minyak kanola memiliki aroma green yang mirip dengan minyak zaitun sementara minyak jagung memberikan aroma khas yang membuat masakan lebih sedap.

Untuk hidup lebih sehat, selain menggunakan minyak kanola atau jagung, sebisa mungkin hindari deep frying untuk mengolah makanan. Alternatifnya, olah makanan dengan cara menumis, memanggang atau pan frying. Untuk menjaga penampilan dan kesehatan, why not? (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com