Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatnya Jika Orangtua Temani Anak Bermain dan Bereksplorasi

Kompas.com - 20/09/2015, 11:22 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Saat bermain, orangtua pun seharusnya ikut terlibat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bermain untuk tumbuh kembang anak.

Psikolog Rosalina Verauli mengungkapkan, bermain sekaligus bereksplorasi yang dilakukan anak bersama orangtua dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa pada anak.

"Interaksi dengan orangtua bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya," terang Vera dalam diskusi BebeExplora di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Vera mengatakan, saat berinteraksi dengan anak, orangtua harus menyesuaikan pemahaman dengan apa yang dipikirkan anak dan mendukung kegiatan positif yang ingin dilakukan anak. Misalnya, orangtua ajak anak bernyanyi. Saat anak bernyanyi dengan lirik yang belum sempurna, orangtua bisa melengkapi.

Kemudian saat anak berhasil melakukannya, berilah apresiasi seperti tepuk tangan. "Emosi anak jadi positif. Anaknya happy. Anak jadi percaya diri. Ketika percaya diri, anak tumbuh dengan baik secara sosial ," terang Vera.

Contohnya seperti arena BebeExplora di Gandaria City yang memfasilitasi orangtua, khususnya ibu untuk bermain bersama anak. Ada permainan bersama melengkapi puzzle yang bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Ada juga bermain pura-pura sebagai petualang untuk melatih kemampuan emosional anak sekaligus melatih kemandirian dan kemampuan sebagai individu. BebeExplora menjadi arena agar anak bebas bereksplorasi dengan permainan yang edukatif untuk anak-anak usia di atas 2 tahun.

Marketing Manager Bebelac, Ade Umiyana Savitri mengungkapkan, ada 15 macam permainan edukatif di arena seluas 526 meter persegi, seperti Fun Race, Fruit Fiesta, hingga Flying Fox.

Menurut Ade, permainan tersebut dapat mengasah kemampuan kognitif anak, melatih daya tangkap, kemampuan berpikir, mengasah kreatifitas, hingga kemampuan bersosialisasi. Kegiatan bersama juga bisa meningkatkan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com