Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanyakan Pria Tak Puas dengan Ukuran Mr P-nya

Kompas.com - 28/09/2015, 20:00 WIB
KOMPAS.com - Ukuran alat kelamin pria adalah topik seks yang paling sering dibicarakan. Meski begitu sebenarnya topik tersebut tidak terlalu diperlukan karena berbagai penelitian menunjukkan ukuran penis tak berpengaruh pada kepuasan seksual.

"Jika terlalu fokus pada isu tersebut sebenarnya bisa menyebabkan pria tidak menikmati hubungan seks yang menyenangkan dan juga memuaskan pasangannya," kata David Frederick, asisten profesor bidang psikologi kesehatan dari Chapman University.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai organ vital pria ini yang sering dicemaskan kaum adam.

- Ukuran penis saat ereksi
Baru-baru ini tim peneliti dari Inggris mengumpulkan data ukuran penis dari 20 penelitian atau setara dengan 15.521 penis pria berusia di atas 17 tahun. Para pria tersebut tidak ada yang menderita disfungsi ereksi atau mengeluh ukuran penisnya kecil.

Hasilnya, rata-rata ukuran penis saat tidak ereksi adalah sekitar 9 cm dan saat ereksi 13 cm. Sementera itu rata-rata ukuran keliling adalah 9-11 cm. Hasil penelitian juga tak menemukan kaitan antara rasio panjang jari atau ukuran kaki dengan ukuran penis.

Jika Anda merasa ukuran tersebut tampaknya terlalu kecil, mungkin ini karena selama ini banyak pria yang berbohong dan tidak pernah mengukur sendiri.

- Tak membantu orgasme
Yang membuat seorang wanita orgasme sangat beragam, tetapi hanya satu dari lima wanita bisa mencapai klimaks melalui stimulasi vagina saja. Walau ukuran penis yang panjang lebih berpotensi membuat wanita mendapatkan orgasme vagina, tapi sebenarnya kebanyakan perlu rangsangan lebih.

- Berat badan lebih penting dari ukuran penis
Bila dilihat dari seluruh tubuh, ukuran panjang penis sebenarnya tidak memengaruhi menarik tidaknya seorang pria di mata wanita. Kecuali barangkali jika pria tersebut sedang tidak memakai pakaian.

Sebenarnya wanita lebih peduli tentang berat badan pria dan juga rasio antara pinggul dan bahu. Pria yang memiliki tubuh tinggi juga biasanya lebih dilirik wanita.

- Tak puas
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan pria tidak puas dengan ukuran penis mereka walau sebenarnya ukuran mereka masih standar. Padahal kondisi ini berpengaruh pada keseluruhan citra diri dan kemampuan mereka memuaskan pasangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com