Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2015, 20:31 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber SheKnows

KOMPAS.com - Memastikan anak bisa tidur malam di waktu yang sama setiap harinya kadang bukanlah sebuah “tugas” yang mudah bagi para orang tua. Namun, bila anak terbiasa tidur jauh sebelum malam mulai larut, kesehatan mereka bisa meningkat signifikan. Begitulah isi dari sebuah studi terbaru.

Penelitian yang berasal dari Murdoch Childrens Research Institute di Melbourne, Australia, tersebut menemukan bahwa waktu tidur yang ideal bagi anak-anak usia sekolah ialah pada jam 8.30 malam. Anak-anak yang tidur di waktu tersebut dinilai memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik ketimbang anak-anak yang biasa tidur lebih dari jam 9 malam.

Percobaan yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pun menemukan hasil serupa. Mereka mengajak sekelompok anak-anak untuk tidur lebih awal selama 1 minggu, dan mengajak sekelompok anak lain untuk tidur lebih larut. Selama seminggu, guru-guru mereka diminta untuk memberikan penilaian terhadap kemampuan akademik. Hasilnya, anak-anak yang tidur lebih malam cenderung mengalami kesulitan dalam belajar dan kesulitan untuk fokus.

Waktu tidur yang terbilang awal tersebut tak hanya membawa dampak positif bagi anak, namun juga bagi para ibu. Saat anak tidur teratur, para ibu akan memiliki waktu lebih untuk beristirahat dan fokus pada dirinya.

Sehingga, bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan ibu. Bila para ibu merasa bahagia, maka anak juga akan merasakan dampaknya. Pasalnya, para peneliti menggambarkan kesejahteraan anak sebagai hubungan dua arah antara mereka dengan sang ibu. Saat ibu merasa bahagia, anak pun akan merasa demikian.

Para peneliti merekomendasikan, pastikan anak sudah terlelap pada jam 8.30 malam. Jadi bila orang tua ingin membacakan dongeng atau melakukan rutinitas tidur lainnya, maka lakukanlah sebelum jam tidur tiba. Beberapa penelitian sebelumnya pernah merekomendasikan orangtua untuk mematikan semua benda elektronik yang ada di sekitar ruang tidur anak seperti televisi, tablet, serta ponsel sejak pukul  7 malam. Sehingga, anak bisa cepat merasa ngantuk dan tidur lebih lelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com