Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Minum Obat Pencegah HIV, Pria Ini Tetap Tertular

Kompas.com - 01/03/2016, 15:16 WIB
KOMPAS.com - Seorang pria yang mengonsumsi obat pencegah HIV, Truvada, ternyata tertular HIV. Pria tersebut merupakan kasus pertama penularan HIV saat seseorang secara teratur minum obat Truvada.

Dalam laporan dari sebuah rumah sakit di Kanada, pria berusia 43 tahun yang sudah mengonsumsi Truvada selama 24 bulan itu melakukan hubungan seksual dengan pria lain yang terinfeksi HIV.

Pria tersebut meyakini ia tertular jenis virus yang langka dan resisten terhadap dua obat yang dipakai dalam Truvada.

Virus tersebut diyakini sudah kebal obat saat ditularkan, jadi bukannya berkembang menjadi resisten setelah penularan.

Truvada adalah obat yang dikembangkan untuk mengurangi angka penularan HIV sampai 90 persen. Dalam situs Poz yang fokus pada HIV/AIDS, disebutkan bahwa penelitian terakhir menyebutkan risiko penularan bisa dikurangi sampai 99 persen setelah pil itu dikonsumsi empat kali seminggu.

Mengingat angka yang cukup besar itu, kegagalan yang dialami pria tersebut mengejutkan. Walau demikian, para ahli mengatakan bukan berarti obat ini tidak efektif.

"Menurut saya situasi ini tak perlu membuat panik. Ini adalah contoh yang menunjukkan bahwa PrEP (Pre-Exposure Prophylaxis, penggunaan obat untuk mencegah infeksi) suatu waktu bisa tak efektif jika menghadapi virus kebal obat," kata Richard Harrigan, peneliti bidang HIV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com