Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2016, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Kita sering mendengar banyak hal tentang antioksidan, termasuk dalam kemasan makanan. Namun, sebagian dari kita mungkin belum mengetahui fakta serta fungsi dari bahan kimia yang dapat meredakan radikal bebas dan fragmen molekul lain yang akan merusak tubuh ini. Berikut ini adalah 5 fakta tentang antioksidan yang harus diketahui:

 

1. Antioksidan membantu memperlambat proses oksidasi. Asam lemak akan terpengaruh selama proses oksidasi. Mereka juga hadir dalam darah seperti mereka hadir dalam makanan dan mengalami perubahan kimia.

 

2. Vitamin E, vitamin C, selenium, beta karoten, semuanya itu adalah antioksidan. Vitamin E dapat ditemukan dalam kacang mete, almond, kepiting, udang, dan ikan.

Vitamin C hadir dalam buah jeruk, kiwi, stroberi, dan brokoli. Sedangkan selenium terdapat dalam produk susu, daging, ikan, sereal, sementara beta karoten ditemukan dalam buah serta sayur yang berwarna hijau gelap dan kuning. 

 

3. Radikal bebas menjadi penyebab menurunnya memori atau ingatan bersama dengan penuaan. Ingatan berkaitan dengan fungsi otak dan otak cukup lemah, karena tidak memiliki antioksidan. Asupan antioksidan yang cukup akan membantu meningkatkan ingatan.

 

4. Selain buah dan sayur, kandungan antioksidan dapat kita peroleh dari kuning telur, beras merah, gandum utuh, kopi, oatmeal, minyak safflower, dan dark chocolate.

 

5. Fakta tentang antioksidan yang harus diketahui terakhir adalah seringnya kita mendengar bahwa antioksidan dapat ditemukan pada makanan yang dikemas. Nyatanya itu tidaklah benar, karena bentuk antioksidan akan sia-sia setelah kita membuka kemasan makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com