Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2016, 20:09 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi menjadi salah satu hal yang berbahaya bagi seseorang, karena dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah kesehatan serius lainnya. Perlu penjagaan tubuh yang baik, termasuk asupan makanan yang tepat. Meski makanan berikut ini terasa yang lezat, Anda harus menghindari makanan berikut ini bila Anda memiliki tekanan darah tinggi!

1. Acar

Acar biasanya memiliki rasa yang sedikit asam dan umumnya terdiri dari potongan mentimun serta wortel. Meski rendah kalori, namun acar juga mengandung natrium yang tinggi.

Sedikit acar dapat membuat Anda mendapatkan sodium yang berlebih dari yang seharunya dalam sehari. Untuk mendapatkan tekanan darah normal, hindarilah acar.

2. Sup ayam kalengan

Sup ayam memang menyegarkan, namun jangan mengonsumsinya dalam bentuk kalengan karena akan membahayakan. Hal ini karena jumlah garam yang ditambahkan di dalamnya tidak kita ketahui.

Garam merupakan bahan pengawet penting yang digunakan dalam makanan kalengan dan garam menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan.

3. Asinan atau acar kubis

Hampir sama seperti acar yang telah disebutkan sebelumya. Meski kubis termasuk sayuran, yang rendah kalori dan baik untuk tubuh, namun ketika mereka dibuat menjadi acar maka akan mengandung garam yang berlebih, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Kentang goreng

Meskipun makanan cepat saji mengatakan mereka mengubah minyak setiap menggoreng kentang atau yang lainnya dan menggunakan minyak bebas trans-lemak, namun kentang goreng tetap berbahaya karena memiliki kandungan lemak serta garam yang tinggi.

5. Bacon

Bacon mengandung sebagian besar lemak dan garam yang harus dihindari bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Bila memang harus mengonsumsi daging, pilihlah daging rendah garam atau daging kalkun yang rendah lemak.

6. Daging panggang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com