Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shannen Doherty Bertarung Melawan Kanker Payudara

Kompas.com - 26/07/2016, 15:29 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Shannen Doherty baru-baru ini menggunduli kepalanya. Aktris serial Charmed ini sedang bertarung melawan kanker payudara.

Perempuan yang sekarang berusia 45 ini sudah bertempur kurang lebih setahun. Ia mengunggah foto proses pelaksanaan kepala plontosnya di media sosial.

Bersamaan dengan itu terdapat foto hitam putih dirinya dengan sang bunda, Rosa dan teman-temannya yang melihat Shannen dengan kepala botak. Ia berterima kasih kepada keluarga dan teman-teman yang mendukungnya melawan penyakit tersebut.

Aktris yang semasa muda terkenal lewat serial 90210 ini berbagi foto-fotonya di instagram.

Saat ini ia menikah dengan suami ketiga, Kurt Iswarienko. Shannen mengungkakan dia terdiagnosa kanker pada Agustus 2015 setelah ia melakukan tuntutan hukum terhadap mantan manajemen dan firma akuntannya, Tanner, Mainstain, Glynn & Johnson.

Ia menuntut karena mereka diduga gagal membayar asuransi kesehatan Screen Actor's Guild (SAG) tanpa sepengetahuannya. Dalam dokumen pengadilan, Shannen menuduh firma tersebut mengabaikan tagihan untuk membayar premi asuransinya pada awal 2014.

Ia mendaftar kembali ke program tersebut tahun ini segera sebelum dokter menemukan dirinya mengalami penyebaran invasif kanker payudara ke paling tidak ke satu kelenjar getah bening.

Tim medis yang menanganinya percaya kanker menyebar tahun lalu. Sebenarnya kanker tersebut akan lebih mudah ditangani jika terdeteksi lebih awal. Sayangnya ia tak mendapat pemeriksaan kesehatan karena tak adanya asuransi.

Saat ini ia mengklim penyakit menyebar karena ia tidak memutakhirkan asuransi kesehatannya. Akibatnya ia tak mendapatkan perawatan menyeluruh untuk membantu mengobati kanker agar tidak menyebar.

Sementara itu pada Februari lalu Shannen bingung memilih antara menjalani mastektomi (pengangkatan payudara) atau lumpektomi (hanya pengambilan tumor dan jaringan di sekitarnya) untuk menghilangkan tumornya. Ia menyerahkan keputusan itu kepada dokter yang merawatnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com