Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ring Jantung Terbaru Bisa Hilang Secara Alami di Pembuluh Darah

Kompas.com - 15/08/2016, 20:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan cincin (ring) atau dikenal juga dengan stent merupakan metode pengobatan yang umum dilakukan untuk pasien jantung koroner. Stent berfungsi untuk menopang pembuluh darah agar tetap lebar, sehingga aliran darah lancar atau tidak tersumbat.

Dengan kemajuan teknologi kedokteran, jenis stent yang bisa digunakan ternyata semakin beragam. Salah satu pemasangan stent terbaru adalah bioresorbable vaskular scaffold (BVS).

Prof. Dr. dr. T Santoso, SpPD-KKV, SPJP menjelaskan, BVS berbahan polilaktid, tidak seperti stent pada umumnya yang berbahan metal.

"BVS bahannya bukan metal. Lama-kelamaan bisa hilang di pembuluh darah karena larut secara alami," jelas Santoso di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Dalam waktu 6 bulan, BVS akan mulai larut secara perlahan menyusul perbaikan aliran darah. Kemudian, dalam waktu 2-5 tahun sudah tidak terlihat di pembuluh darah.

Dengan tidak menggunakan bahan metal yang tertanam di pembuluh darah, BVS juga menurunkan risiko peradangan dan gumpalan darah.

"BVS juga menurunkan risiko terjadi penyempitan lagi atau pengerakan akibat patahnya kerangka stent dan mengembalijan fungsi alami pembuluh darah karena tidak ada metal " kata Santoso.

Selain itu, dokter juga akan lebih mudah melakukan intervensi ulang jika kembali ada masalah dengan pembuluh darah.

Menurut Santoso, BVS sangat ideal digunakan oleh pasien jantung yang masih muda, karena tidak meninggalkan bahan metal di pembuluh darah. BVS pun dapat digunakan untuk kasus penyempitan pembuluh darah yang panjang dan berkelok-kelok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com