Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2016, 10:02 WIB

TANYA:
Dok, saya sedang mempersiapkan persalinan dan ingin bertanya tentang keamanan melahirkan di air (waterbirth). Apakah metode ini masih direkomendasikan oleh dunia kedokteran? Apa saja pro dan kontra melahirkan dengan cara ini?
Winda (27), Jakarta

 

JAWAB:
Ibu Winda yth,
Tentang water birth, sampai saat ini belum ada rekomendasi dari pengurus besar Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) dan belum ada juga penelitian tentang water birth ini di Indonesia.

Dari kepustakaan memang dikatakan dengan water birth persalinan akan lebih relaks dan lebih lancar. Karena otot-otot panggul menjadi lebih lentur. Adapun untuk janin nya akan lebih baik karena logikanya bayi hidup dalam lingkungan air ketuban.

Namun demikian, kondisi air di indonesia yang tidak steril dan kebiasaan ibu hamil di indonesia yang kurang olah raga, membuat metode persalinan ini kurang cocok. Sehingga kesimpulan saya adalah tidak merekomendasikan persalinan dengan water birth.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com