Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika sistem imun tubuh sedang berjuang mengusir penyakit, perlawanan itu membutuhkan energi. Karenanya tak heran bila hampir semua penyakit memiliki gejala rasa lelah.

Meski demikian, kelelahan yang dialami memiliki berbagai tingkatan. Ada kelelahan fisik, tapi ada juga kelelahan emosional dan psikologi, yang sama-sama menyebabkan tubuh seperti kurang energi meski pola makan baik dan cukup istirahat.

Secara umum ada beberapa penyakit yang gejala utamanya adalah kelelahan.

1. Hipotiroid
Tiroid adalah kelenjar kecil yang berlokasi di bawah leher. Hormon ini mengatur banyak hal, mulai dari level energi sampai fungsi imun. Kekurangan atau kelebihan hormon ini berdampak besar pada kondisi tubuh.

Tubuh selalu terasa lemas dan kurang energi merupakan gejala utama dari kekurangan tiroid alias hipotiroid. Gejala lain yang menyertai adalah berat badan naik, konstipasi, kulit kering, dan sering merasa kedinginan.

2. Kekurangan adrenalin
Kondisi ini kurang dikenal, tetapi gangguan hormonal berupa kekurangan adrenalin dicurigai dokter pada pasiennya yang mengeluh kelelahan setiap saat. Gejala lainnya adalah berat badan turun, nyeri perut, diare, dan ada bagian kulit yang tampak lebih gelap di banding area sekitarnya.

3. Sindrom lelah kronik
Rasa lelah yang tidak hilang meski sudah cukup istirahat adalah ciri khas penyakit ini. Bahkan, energi seolah terkuras sehingga sulit melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja atau berjalan kaki sedikit jauh. Nyeri dan sulit berpikir adalah gejala lainnya.

4. Anemia
Anemia adalah kondisi di mana darah kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen. Ada berbagai tipe anemia dan semuanya memiliki gejala kelelahan. Kekurangan vitamin B12, perdarahan berat saat haid, dan polip, adalah salah satu penyebab anemia.

5. Diabetes
Selain perasaan sering haus dan juga sering buang air kecil di malam hari, kelelahan adalah gejala yang diderita penderita diabetes. Ini karena tubuh sedang kesulitan mengatur jumlah gula darah.

6. Depresi klinis
Depresi adalah gangguan pada otak yang bisa menyebabkan mood sangat buruk. Ada berbagai gejala yang dialami penderita depresi dan kelelahan adalah salah satunya. Gejala lainnya berupa rasa sedih yang amat dalam, kehilangan nafsu makan, dan sulit berkonsentrasi.

7. Endokarditis
Ini adalah kondisi infeksi atau peradangan pada jantung. Infeksi itu berasal dari bakteri dalam darah yang menyerang lapisan dalam jantung. Orang yang sudah memiliki gangguan jantung atau dipasangi katup jantung buatan paling beresiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com