Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2016, 11:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com - Manfaat olahraga tak hanya menyehatkan fisik. Olahraga ternyata dapat meredam keinginan makan berlebih. Hal ini menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Mulanya peneliti melihat banyak orang yang baru saja menyelesaikan pekerjaan yang menguras pikiran, cenderung makan lebih banyak. Pekerjaan itu membuat otak mengirim sinyal untuk mendapat energi tambahan melalui makan lebih banyak.

Nah, menurut penelitian ini, dengan olahraga, keinginan makan berlebih setelah mengerjakan tugas yang menguras otak pun dapat dihentikan.

Untuk mendapatkan hasil ini, para peneliti melakukan percobaan terhadap para mahasiswa yang baru saja memgerjakan soal matematika selama 20 menit. Selesai mengerjakan soal yang menguras otak itu, kelompok pertama diminta hanya beristirahat selama 15 menit.

Sementara itu, kelompok kedua melakukan aktivitas fisik, yaitu treadmill. Setelah itu, peneliti menyodori mereka dengan makanan untuk mengetahui berapa banyak jumlah asupan kalori pada kelompok yang olahraga dan tidak olahraga.

Salah satu peneliti, William Neumeier, PhD dari University of Alabama di Birmingham berpendapat, butuh olahraga dengan intensiitas tinggi yang signifikan mencegah keingingan seseorang makan lebih banyak.

Setidaknya, hasil penelitian ini bisa jadi pertimbangan banyak orang untuk membiasakan latihan fisik setelah melakukan perkerjaan yang benar bagi otak. Namun perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat jenis olahraga yang tepat dan intensitasnya agar mendapat hasil maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com