Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2016, 17:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber The Mirror

KOMPAS.com - Anak yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Tetapi, orangtua sebaiknya segera mengambil tindakan apabila anak sudah kegemukan atau kelebihan berat badan.

Ada berbagai risiko penyakit yang mengintai anak obesitas, seperti penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian terbaru di Denmark, anak-anak yang memiliki indeks massa tubuh tinggi mengalami peningkatan risiko kanker usus besar. Semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin tinggi pula risikonya.

Pada penelitian kedua, anak-anak yang indeks massa tubuhnya tinggi itu juga berisiko terserang stroke pada usia dewasa muda. Masalah kelebihan berat badan pada anak harus diatasi sedini mungkin dengan membiasakan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Selain itu, tentu saja dengan olahraga teratur. Anak-anak harus banyak melakukan aktivitas fisik.

Mengapa perlu segera diatasi? Sebab, masalah penyakit terkait obesitas pada anak dapat muncul jauh sebelum usia dewasa. Tak heran jika anak obesitas bisa terkena diabetes tipe 2 pada usia remaja.

Mereka juga bisa mengalami nyeri lutut, kesulitan berjalan, asma, hingga sleep apnea. Tak hanya masalah pada tubuh, tetapi juga psikologis.

Anak obesitas kerap kurang percaya diri hingga, depresi, hingga kualitas hidupnya menurun. Obesitas pada anak biasanya akan terus berlangsung sampai dewasa. Risiko terkena penyakit pun bisa memburuk.

Berdasarkan data the American Academy of Child and ­Adolescent Psychiatry, kasus obesitas pada anak paling banyak ditemui pada usia 5-6 tahun dan masa remaja.

Penelitian pun menunjukkan, anak yang gemuk antara usia 10-14 tahun berpeluang 80 persen menjadi orang dewasa yang juga kegemukan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com