Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2017, 11:00 WIB

KOMPAS.com- Jangan takut untuk membuat target setinggi langit. Paling tidak, jika Anda tak berhasil menggapai bulan Anda akan berada di antara bintang.

Prinsip tersebut bisa Anda terapkan untuk membuat target penurunan berat badan tahun depan. Para ahli mengatakan, menetapkan target yang tinggi, bahkan tidak realistik, bisa menjadi kunci untuk mengurangi angka timbangan.

Sebuah penelitian terhadap 24.000 orang obesitas membuktikan hal tersebut. Para responden adalah peserta program penurunan berat badan selama 12 bulan.

Ternyata, mereka yang menetapkan mimpi ambisius rata-rata berhasil mengurangi berat badannya sekitar 19 kilogram, atau 19 persen dari berat badannya. Sebaliknya, orang yang membuat target yang mudah dicapai justru mendapatkan penurunan berat badan lebih sedikit.

Pada orang yang berat badannya sangat berlebih atau obesitas, penurunan berat badan yang disarankan adalah 5-10 persen dari berat badan. Namun, jika mau membuat target yang lebih tinggi lagi, hasilnya ternyata akan lebih baik.

"Bulan Januari adalah waktu populer untuk memulai program penurunan berat badan, karena itu sebaiknya maksimalkan kesempatannya untuk mendapatkan sukses," kata Amanda Avery, konsultan diet.

Jadi, tak perlu takut membuat target tinggi. Lalu buatlah perencanaan yang matang untuk mencapainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com