Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit

Perlu diketahui, asupan pelangsing perut buncit belum tentu aman dan terkadang justru berisiko bagi kesehatan, seperti menyebabkan tekanan darah tinggi sampai penyakit ginjal. 

Anda yang sedang bergelut dengan problem ini jangan khawatir, ada banyak cara alami mengecilkan perut buncit yang praktis dan bisa dijajal. 

Sebelum mengenali beberapa di antaranya, ada baiknya Anda mengetahui dulu beberapa faktor penyebab perut buncit. 

Penyebab perut buncit

Perut buncit tak hanya menganggu penampilan, tapi juga membahayakan kesehatan. Perut buncit berasal dari penumpukan lemak di sekitar perut.

Lemak tersebut bisa mengelilingi organ dalam, seperti pankreas, usus, jantung, hati, dan ginjal. Penumpukan lemak di organ dalam lebih berbahaya ketimbang lemak di bawah kulit.

Pasalnya, penumpukan lemak sekitar organ dalam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, sampai kanker.

Dilansir dari Men'sHealth, lemak yang mengelilingi organ dalam berbahaya karena kerap mengganggu kerja pankreas dan usus.

Selain itu, lemak jenis visceral ini juga dapat mengubah keseimbangan hormon normal dan menggangu metabolisme.

Penumpukan lemak di organ dalam bisa dipicu berbagai faktor. Dikutip dari Medical News Today, faktor penyebab perut buncit bisa berasal dari beberapa hal, seperti:

  • Pola makan tidak seimbang
  • Kebiasaan minim bergerak
  • Jarang atau tidak pernah berolahraga
  • Genetik
  • Stres
  • Konsumsi alkohol
  • Kurang tidur

Sebelum perut buncit mulai menganggu kesehatan, coba cara alami mengecilkan perut buncit yang aman berikut ini. 

Cara alami mengecilkan perut buncit

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit, di antaranya:

  • Olahraga intens

Cara menghilangkan perut buncit yang cukup efektif adalah lewat olahraga. Namun, jenis olahraganya tidak sembarangan. Jenis olahraga perut buncit yang paling manjur adalah aerobik dan latihan intens.

Studi yang diterbitkan di Journal of Sports Sciences pada 2014 menyebut, olahraga aerobik atau latihan intens paling efektif mengusir lemak visceral di organ dalam perut.

  • Banyak bergerak

Jika rutin olahraga intens dirasa masih terlalu berat, cara mengecilkan perut buncit bisa dimulai dari kebiasaan aktif bergerak.

Coba mulai lacak aktivitas sehari-hari dengan mengatur jumlah langkah tertentu. Upayakan untuk jalan kaki 10.000 langkah per hari. Anda bisa mulai dengan target 5.000 langkah setiap hari lalu tingkatkan secara bertahap. 

Kebiasaan aktif bergerak ditambah pengaturan pola makan sehat paling ampuh mengontrol berat badan dan menghilangkan perut buncit.

  • Kurangi kalori

Pemangkasan lemak tidak bisa hanya menyasar satu area tubuh, semisal bagian perut saja. Namun, bisanya dilakukan dengan menyasar seluruh tubuh. 

Untuk memangkas lemak di seluruh tubuhm mulailah dengan memotong jumlah kalori harian yang masuk ke tubuh. Coba hitung ulang dan lacak total asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Bila perlu, konsultasikan ke ahli gizi agar target mengurangi kalori bisa efektif mengecilkan perut buncit.  Saat kalori keseluruhan menurun, praktis lemak di perut juga berkurang.

  • Makan lebih banyak protein

Riset menyebut pemindaian otak menunjukkan protein dapat menurunkan aktivitas di daerah otak yang merangsang keinginan makan.

Protein dapat meningkatkan hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Sehingga, perut jadi tidak gampang merasa lapar untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pilih protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan. Tapi ingat, hindari segala jenis gorengan atau protein yang digoreng.

  • Konsumsi banyak buah dan sayuran

Sayur dan buah kaya akan nutrisi dan kandungan seratnya melimpah. Saat makan serat, Anda akan merasakan kenyang namun kandungan kalori lebih sedikit.

Demi mengecilkan perut buncit dan menjaga kesehatan, mulai sekarang isi setengah bagian piring Anda dengan sayur. 

  • Batasi minuman manis

Gula dari minuman manis seperti soda, jus, atau boba gampang diserap ke dalam aliran darah dan memacu insulin.

Penelitian menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi minuman manis terkait dengan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Ketimbang mengonsumsi minuman manis yang membahayakan kesehatan, dapatkan gula alami dari bahan makanan.

Misalkan, daripada minum jus apel manis lebih baik pilih mengunyah buah apel.

Selain bebas tambahan gula, proses mengunyah dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

  • Minimalkan stres

Hormon stres atau kortisol erat kaiatannya dengan lemak perut dan kenaikan berat badan.

Studi menyebut, orang yang memiliki kadar kortisol tinggi untuk jangka waktu yang lama, cenderung mengalami obesitas dan perut buncit.

Tak perlu muluk-muluk memilih aktivitas menghilangkan stres. Lakukan yoga, meditasi, menonton film, mendengarkan musik, atau hindari sumber stres.

Perlu diingat, beragam cara alami mengecilkan perut buncit di atas baru efektif jika dilakukan secara konsisten. 

https://health.kompas.com/read/2020/01/27/060000568/7-cara-alami-mengecilkan-perut-buncit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Perut
Flu Perut
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+