Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanda Tumor Otak yang Sering Diabaikan

KOMPAS.com - Tanpa penanganan yang tepat dan cepat, tumor otak bisa berkembang menjadi kanker yang mengancam jiwa.

Kemungkinan manusia untuk mengalami kanker otak memang hanya 1 persen selama hidupnya. Namun, tanda-tanda awal tumor otak yang diabaikan begitu saja akan menyebabkan masalah serius.

Melansir Cleveland Clinic, ahli neuro-onkologi Manmeet Ahluwalia mengatakan bahwa tidak ada tanda spesifik yang menunjukan adanya tumor di otak kita.

"Tumor otak dapat hadir dengan banyak tanda dan gejala berbeda, tergantung di bagian otak mana tumor itu berada," ucap dia.

Ada sekitar 120 jenis tumor otak dengan gejala berbeda-beda. Namun, sebagian besar tanda-tanda tumor otak bisa berupa hal-hal berikut ini:

1. Kejang

Tumor dapat membuat neuron otak melakukan aktivitas berlebihan sehingga menyebabkan kejang.

2. Bingung dan pikun

Sering merasa bingung dan pikun juga bisa menjadi pertanda adanya tumor di otak kita.

3. Perubahan kepribadian atau perilaku

Pada penderita tumor lobus frontal, khususnya, dapat mengubah kepribadian pasien. Misalnya, orang yang pendiam menjadi lebih banyak bicara.

4. Keseimbangan tubuh hilang

Tumor batang otak dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan atau gerakan canggung. Pasalnya, fungsi motorik dikendalikan oleh area batang otak.

5. Masalah penglihatan

Tumor di area otak yang mengontrol penglihatan dapat memengaruhi penglihatan. Hal ini bisa membuat penglihatan kita kabur, kehilangan penglihatan, atau mengalami penglihatan.

6. Sakit kepala

Pada penderita tumor otak, sakit kepala biasanya bertahan selama lebih dari beberapa hari, yang bisa disertai rasa mual atau muntah.

7. Tubuh melemah

Gejala tumor otak bisa membuat penderitanya merasa lemas dan lemah. Bahkan, mereka yang mengalami tumor otak bisa Kehilangan kekuatan pada lengan atau kaki.

Faktor Risiko

Melansir SehatQ, penyebab tumor otak belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikonya, seperti:

Pengobatan

Jika mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan sejak dini sangat diperlukan karena memberikan peluang untuk sembuh lebih besar.

Pengobatan bergantung pada ukuran, jenis, dan kondisi tumor otak Anda. Pengobatan ini sebaiknya ditangani oleh ahlinya, seperti:

  • Ahli saraf onkologi
  • Ahli bedah saraf
  • Ahli onkologi medis

 

https://health.kompas.com/read/2020/03/01/103500068/7-tanda-tumor-otak-yang-sering-diabaikan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke