Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membedakan Gejala Flu Biasa dengan Infeksi Virus Corona

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia disarankan tidak perlu panik yang berlebihan menanggapi ancaman penualaran virus corona atau covid-19.

Dokter Spesialis Paru Anggota Kelompok Staf Medik (KSM) Paru RSUD Dr Moewardi Surakarta, Dr. dr. Reviono, Sp.P (K), menyampaikan infeksi virus corona memang memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa.

Namun, menurut dia, masyarakat tetap saja bisa mendeteteksi perbedaan gejala yang ditimbulkan oleh kedua penyakit yang menyerang sistem penapasan tersebut.

"Gejala infeksi virus corona memang hampir sama dengan flu biasa," jelas Reviono saat diwawancara Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu menerangkan virus influenza penyebab flu kerap kali menimbulkan gejala, seperti berikut:

  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala ringan
  • Demam

Gejala-gejala tersebut biasanya baru akan terjadi pada seseorang 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.

Sedangkan gejala infeksi virus corona, menurut dia, memiliki karakteristik yang lebih spesifik dibanding flu biasa.

Sedikitnya ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada pasien covid-19, yakni:

  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat celsius
  • Batuk
  • Sesak napas

"Tiga itu yang menjadi gejala utama infeksi virus corona," terang Reviono.

Namun, menurut dia, riwayat kontak pasien atau penderita adalah indikator utama untuk bisa membedakan antara penyakit flu biasa dengan infeksi civid-19.

Reviono mengatakan, seseorang yang memiliki riwayat perjalanan ke negara atau daerah yang terjangkit covid-19 pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala patut mendapatkan pengawasan.

Senada, Dokter Spesialis Paru RSUD Dr. Moewardi Surakarta, dr. Jatu Aphridasari, Sp.P (K), FISR, menerangkan beberapa kriteria orang harus mendapat pengawasan dengan indikasi terinfeksi virus corona, yakni:

  1. Mengalami gejala demam lebih dari sama dengan 38 derajat celsius
  2. Ada riwayat demam atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) tanpa pneumonia 
  3. Memiliki riwayat perjalanan ke negara atau daerah yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala

Jatu menyampaikan virus corona bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang lanjut usia (lansia). Oleh sebab itu, masyarakat disarankan terus mewaspadai gejala kesehatan yang timbul.

"Virus ini diketahui telah merenggut nyawa bayi yang masih berusia 9 bulan. Itu korban yang paling muda. Sedangkan yang paling tua sementara adalah warga yang telah berusia 88 tahun," jelas Jatu.

Menurut dia, covid-19 bahkan dapat menyerang manusia dalam kondisi daya tahan tubuh yang sedang baik. Namun memang, virus corona lebih rentan menjangkit mereka yang memiliki daya tubuh rendah.

"Penyakit ini bisa berkembang lebih kuat apabila ada penyakit lain, seperti diabetes yang diderita seseorang," terang Jatu.

https://health.kompas.com/read/2020/03/02/180200268/cara-membedakan-gejala-flu-biasa-dengan-infeksi-virus-corona

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke