Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Social Distancing untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, social distancing adalah menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan penyakit.

Kendati sama-sama mencegah penularan penyakit seperti Covid-19, social distancing berbeda dari karantina mandiri atau isolasi mandiri.

Melansir Time, konsep karantina atau isolasi mandiri lebih menitikberatkan pada membatasi pergerakan seseorang yang rentan menularkan atau tertular penyakit.

Sementara itu, social distancing tidak membatasi ruang gerak. Tapi, lebih menekankan praktik berperilaku untuk menjaga jarak minimal dua meter untuk mencegah penularan penyakit.

Bekerja dari rumah, belajar di rumah, atau melakukan conference call, membatalkan acara yang melibatkan kerumuman merupakan praktik untuk memudahkan social distancing secara massal.

Mengapa social distancing penting?

Menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang sekitar ini langkah penting untuk menanggulangi wabah penyakit menular seperti infeksi virus corona.

Menurut laman resmi Health.gov.au, social distancing dapat memperlambat penularan penyakit seperti Covid-19.

Infeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2 rentan menyebar dari orang ke orang lewat kontak langsung dari jarak dekat dengan penderita yang terinfeksi virus corona.

Beberapa penderita yang dinyatakan positif Covid-19 terkadang juga tak langsung menunjukkan gejala terinfeksi virus corona seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Selain itu, cipratan cairan pernapasan seperti batuk atau bersin (droplet) dari pemilik virus corona, dapat menempel di permukaan benda sekitar seperti gagang pintu, meja, tombol lift.

Saat seseorang tanpa sengaja menyentuh benda yang terkontaminasi virus corona tersebut, dia bisa tertular atau menularkannya pada orang sekitarnya.

Intinya, semakin banyak ruang gerak Anda dan orang lain, penyebaran virus rentan meluas.

Untuk mengantisipasi agar wabah Covid-19 tak semakin meluas, berikut ini beberapa panduan social distancing yang bisa dipraktikkan di rumah atau luar rumah:

Social distancing di rumah

Untuk mencegah penyebaran penyakit di rumah, terapkan:

Social distancing di kantor

Untuk mencegah penyebaran penyakit di kantor, terapkan:

Social distancing di sekolah

Untuk mencegah penyebaran penyakit di sekolah, terapkan:

Social distancing di tempat publik

Untuk mencegah penularan penyakit di tempat umum, terapkan:

https://health.kompas.com/read/2020/03/16/154900368/panduan-social-distancing-untuk-cegah-penyebaran-virus-corona

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke