Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Cuci Tangan Rentan Bikin Kulit Kering, Begini Baiknya...

Anda disarankan untuk rajin membersihkan tangan dengan cuci tangan pakai sabun, atau gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60 persen saat tidak ada air mengalir dan sabun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Anda wajib membersihkan tangan ketika:

Gunakan losion atau krim pelembab

Rutin mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer rentan membuat kulit tangan terasa kering.

Solusinya cukup mudah. Cara untuk mengatasi kulit kering karena sering cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, adalah memakai losion atau krim pelembab.

Anda tak perlu khawatir, jika digunakan dengan tepat, penggunaan losion atau krim pelembab tidak membuat kontaminasi bakteri atau virus.

"Tidak perlu khawatir menggunakan losion atau krim pelembab tangan," kata Dr Lindsay Broadbent, ahli infeksi dan imun dari Queen’s University Belfast Inggris, seperti dilansir Guardian.

Senada dengan Broadbent, ahli virus dari University of Leeds, Dr Stephen Griffin, tidak menyoal penggunaan krim atau losion pelembab tangan setelah membersihkan tangan.

Griffin justru menekankan pentingnya menjaga kelembaban kulit bagi orang yang rajin membersihkan tangan.

"Kulit adalah penghalang utama dari kuman. Kulit tangan yang pecah-pecah bisa jadi celah virus atau bakteri masuk ke tubuh," jelas dia.

Tips aman gunakan pelembab setelah bersihkan tangan

Cara menggunakan losion atau krim pelembab setelah membersihkan tangan perlu cermat agar tidak terjadi kontaminasi bakteri atau virus.

Para ahli menyarankan, Anda perlu membersihkan tangan dengan benar, lalu mengeringkan tangan sampai benar-benar kering, baru oleskan pelembab.

Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan krim atau losion terpisah dari orang lain.

Terlebih untuk mencegah penyebaran penyakit akibat infeksi virus corona yang sangat menular.

Agar lebih aman, baiknya hindari penggunakan krim dan losion secara beramai-ramai.

Biasakan membawa krim atau losion pelembab sendiri-sendiri.

Sebab, Anda tidak tahu apakah orang yang memegang wadah krim atau losion tersebut sudah mencuci tangan dengan benar atau tidak.

Selain itu, pilih losion pelembab yang punya kemasan pompa ketimbang tuang atau oles. Tujuannya, untuk meminimalkan kontaminasi bakteri, virus, atau jamur.

Saat menggunakan losion, usahakan memecet pompa wadah dengan punggung tangan. Lagi-lagi, tujuannya untuk meminimalkan kontaminasi kuman.

https://health.kompas.com/read/2020/03/20/200200268/sering-cuci-tangan-rentan-bikin-kulit-kering-begini-baiknya-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke