Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengobati Kanker Sinus yang Penting Diketahui

KOMPAS.com – Kanker sinus adalah kanker yang berkembang di sinus.

Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran pernapasan di dalam tulang tengkorak.

Melansir Cancer Center, jika Anda menerima diagnosis kanker sinus, hal pertama yang mungkin akan dilakukan dokter adalah melakukan penilaian menyeluruh terhadap tumor.

Ini karena protokol pengobatan kanker sinus bergantung pada stadium penyakit, ukuran dan jenis tumor, serta lokasi tepatnya tumor berkembang.

Setelah kanker Anda diperiksa, tim dokter dapat bekerja dengan Anda untuk merumuskan rencana perawatan individual yang memaksimalkan peluang Anda untuk mencapai remisi penuh sambil meminimalkan efek samping yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda.

Dalam penanganan kanker tumor, Anda mungkin membutuhkan dukungan dari dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dan spesialis kanker yang disebut ahli onkologi.

Cara mengobati kanker sinus

Secara umum pilihan pengobatan kanker sinus terdiri dari tiga tindakan, yakni operasi, radiasi, dan kemoterapi.

Berikut penjelasanya:

1. Operasi

Jenis prosedur pembedahan yang digunakan untuk mengatasi kanker sinus pada akhirnya akan bergantung pada lokasi tumor, seberapa besar, dan struktur lain yang terlibat.

Dilansir dari Verywell Health, operasi berikut ini paling sering digunakan untuk menghilangkan tumor kanker sinus:

Sebelum prosedur operasi, dokter biasanya akan menanyakan tentang obat apa pun yang pernah dikonsumsi pasien, kondisi medis sebelumnya, reaksi alergi, dan apakah pasien merokok, minum, atau menggunakan alkohol.

Pasien mungkin akan diminta untuk berhenti merokok sebelum operasi dan mungkin juga harus berhenti minum obat tertentu selama 24 hingga 48 jam sebelumnya.

2. Terapi radiasi

Radiasi umumnya digunakan beriringan dengan operasi dan serangkaian dengan kemoterapi.

Radiasi berenergi tinggi bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor sebelum operasi, atau menghancurkan potongan-potongan kecil tumor yang mungkin tertinggal setelah operasi.

Karena kanker sinus sering menargetkan tempat-tempat yang sulit dijangkau, ahli onkologi mungkin menyarankan CyberKnife.

CyberKnife adalah jenis terapi radiasi bertarget khusus yang dapat merusak lebih sedikit jaringan daripada terapi konvensional.

Perangkat lunak CyberKnife memungkinkan radiasi yang ditargetkan dalam dosis terkonsentrasi dan juga dapat mengurangi jumlah radiasi yang dibutuhkan pasien.

3. Kemoterapi

Kemoterapi untuk kanker sinus kadang-kadang diberikan melalui infus (intravena).

Namun, lebih umum kemoterapi untuk kanker sinus dilakukan dengan memberikan obat-obatan pelawan kanker melalui mulut dalam bentuk tablet, kapsul, atau cairan.

Pengobatan ini cenderung memiliki manfaat dan risiko yang sama dengan kemoterapi yang diberikan melalui infus.

Kemoterapi bisa diberikan pada waktu yang berbeda selama pengobatan untuk kanker sinus, seperti:

  • Kemoterapi neoadjuvant: Sering digunakan bersama dengan terapi radiasi (disebut kemoradiasi) sebelum operasi untuk mencoba mengecilkan tumor dan membuat operasi lebih mudah
  • Kemo adjuvant: Sering dikombinasikan dengan terapi radiasi setelah operasi untuk mencoba membunuh sel kanker yang mungkin tertinggal setelah operasi dan mengurangi kemungkinan kekambuhan
  • Kemoterapi paliatif: Ketika tumor sinus terlalu besar atau kanker telah menyebar terlalu jauh untuk diangkat melalui pembedahan, kemo dapat digunakan untuk mengendalikan atau memperlambat pertumbuhan kanker dan meningkatkan kelangsungan hidup. Ini juga dapat digunakan untuk bentuk penyakit yang resistan terhadap pengobatan lainnya

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa obat kemoterapi yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk mengobati kanker sinus:

Terkait pengobatan pelengkap dan alternatif

Pengobatan komplementer, seperti akupunktur dan terapi pijat terkadang bisa digunakan untuk membantu penderita kanker sinus mengatasi tantangan fisik dan emosional dalam menjalani pengobatan kanker.

Terapi pikiran-tubuh seperti yoga, meditasi, dan tai chi juga mungkin dapat membantu.

Yang jelas, tidak ada suplemen herbal atau vitamin yang telah terbukti bisa membantu meringankan nyeri kanker sinus atau gejala lainnya.

Ingatlah bahwa produk alami tidak selalu berarti aman. Jadi pastikan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

https://health.kompas.com/read/2021/10/31/050400468/3-cara-mengobati-kanker-sinus-yang-penting-diketahui

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke