Salin Artikel

16 Penyebab Kenapa Dada Sebelah Kanan Sakit dan Cara Mengobatinya

Dada sebelah kanan adalah bagian tubuh yang menaungi sebagian jantung, paru-paru, pembuluh dasar besar, kelenjar getah bening, saraf, atau tulang rusuk.

Jika ada masalah kesehatan beberapa bagian tubuh tersebut, bagian kanan dada bisa terasa sakit.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kenapa dada sebelah kanan sakit dan cara mengobatinya.

Penyebab kenapa dada sebelah kanan sakit

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab kenapa dada sebalah kanan sakit, antara lain:

  • Stres atau gangguan kecemasan

Dilansir dari Medical News Today, sakit dada sebelah kanan bisa berasal dari stres ekstrem atau gangguan kecemasan. Keduanya bisa memicu serangan panik dengan gejala sakit dada, pusing, jantung berdebar-debar, sampai sesak napas.

  • Cedera otot dada

Terkadang, sakit dada bagian kanan juga muncul karena otot dada yang menegang. Otot dada bisa menegang lantaran cedera seperti terkilir atau efek samping olahraga dan latihan tersentu.

  • Cedera atau trauma pada dada

Cedera pada bagian dada karena jatuh, dihantam, atau kecelakaan dapat merusak saraf dan pembuluh darah dada. Selain menyebabkan sakit dada di bagian kanan, cedera dada dapat merusak jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya.

  • Peradangan tulang rawan

Peradangan tulang rawan atau kostokondritis dapat menyebabkan dada kanan sakit. Peradangan tulang rawan bisa disebabkan batuk parah berkepanjangan, infeksi, atau cedera.

  • Patah tulang rusuk

Penyebab sakit dada sebelah kanan lainnya yakni patah tulang rusuk, pelindung organ dalam di dada. Gejala patah tulang rusuk bisa berupa dada kanan sakit yang nyerinya luar biasa dan bagian yang patah membengkak.

  • Pneumotoraks

Melansir Healthline, pneumotoraks adalah kondisi saat paru-paru robek. Pneumotoraks bisa terjadi karena cedera, penyakit paru-paru, sampai efek samping penggunaan ventilator. Selain sakit dada sebelah kanan, gejala pneumotoraks lainnya yakni sesak napas, dada terasa sesak, detak jantung cepat, batuk, dan kelelahan.

  • Radang selaput dada

Radang selaput dada dapat menyebabkan gesekan antara dua jaringan pelapis paru-paru. Akibatnya, penderita bisa merasakan sakit di bagian dada, terutama saat digunakan untuk bernapas.

  • Efusi pleura

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Masalah kesehatan ini bisa menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Kondisi tersebut biasanya memburuk seiring berjalannya waktu.

  • Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru. Penyebab pneumonia bisa berasal dari infeksi bakteri, virus, jamur, termasuk Covid-19. Selain dada sebelah kanan atau kiri sakit, gejala lainnya yakni demam, menggigil, batuk, dan tidak nafsu makan.

  • Hipertensi paru

Hipertensi paru adalah kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi pada pembuluh darah penghubung jantung dan paru-paru. Saat kondisinya sudah parah, jantung butuh bekerja keras dan menyebabkan dada terasa sakit.

  • Emboli paru

Penyebab kenapa dada kanan sakit dapat berasal dari penyakit emboli atau gumpalan darah yang bersarang di paru-paru. Apabila terbentuk di paru-paru sebelah kanan, penderita merasakan dada sebelah kanan sakit, sesak napas, dan batuk darah.

  • Kanker dan tumor paru

Pertumbuhan jaringan tidak normal di paru-paru berupa tumor sampai kanker bisa memicu sakit dada di bagian kanan. Saat ada massa atau jaringan yang tumbuh di paru-paru atau dada, saraf dan pembuluh darah di sekitarnya bisa terasa sakit dan tidak nyaman.

  • Penyakit jantung

Alasan kenapa dada sebelah kanan sakit juga bisa disebabkan penyakit jantung. Biasanya, kondisi ini dialami penderita penyakit jantung wanita atau penderita radang jantung.

  • Infeksi virus herpes zoster

Virus penyebab cacar yakni herpes zoster yang menyerang dada dapat menyebabkan peradangan saraf dan kulit di sekitarnya, serta memicu sakit dada, demam, ruam, dan rasanya sangat gatal.

  • Asam lambung naik

Penyakit asam lambung terjadi saat asam lambung dari pencernaan naik kembali ke kerongkongan sampai tenggorokan. Selain sakit dada, gejala asam lambung naik yakni sakit perut, bersendawa, ada rasa asam di mulut, batuk, sampai sakit tenggorokan.

  • Peradangan kantong empedu

Penyebab dada sebelah kanan sakit lainnya yakni peradangan kantorng empedu atau kolesistitis. Penyakit ini bisa menyebabkan dada kanan terasa sakit, mual, muntah, demam, banyak keluar keringat, tidak nafsu makan, dan ada benjolan di perut kanan atas.

Cara mengobati dada sebelah kanan sakit

Melansir Tuasaude, cara mengobati dada sebelah kanan sakit perlu disesuaikan dengan penyebab mendasarnya. Berikut beberapa di antaranya:

Kapan perlu waspada dengan dada sakit sebelah kanan?

Kebanyakan alasan kenapa dada sebelah kanan sakit tidak berbahaya, seperti nyeri otot karena salah posisi tidur dan sebagainya.

Anda tak perlu khawatir berlebihan apabila dada sakit sebalah kanan hanya berlangsung cepat dan hanya muncul sekali. Namun, Anda perlu segera periksa ke dokter apabila:

  • Nyeri dada intens atau sangat sakit
  • Memburuk seiring berjalannya waktu
  • Disertai sesak napas, demam, pingsan

Apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Terutama jika masalah kesehatan ini dialami kalangan lansia atau penderita penyakit kronis.

https://health.kompas.com/read/2021/11/10/180100668/16-penyebab-kenapa-dada-sebelah-kanan-sakit-dan-cara-mengobatinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.